Iklan dan Unsur-unsurnya

Kelas           : V (lima)
Semester     : 2/ genap
Tema           : 9. Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema      : 1. Benda Tunggal dan Campuran
KD              :
3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
4.3 Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
-----------------------------------------------------------------------------
Kalian pasti sudah sering mendengar kata "iklan". Tayangan favorit kalian di televisi, pasti tidak lepas dari iklan. Iklan-iklan tersebut mengajak kita untuk membeli beragam produk yang ditawarkan. Iklan merupakan suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Tidak hanya di televisi, di laman internet, radio, koran maupun majalah kita juga menjumpai iklan. 
Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan tersebut dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Iklan memiliki unsur-unsur berikut.
1. Nama produk.
2. Gambar yang menarik.
3. Kalimat iklan.
4. Keunggulan produk.
5. Harga produk.
6. Nomor telepon.
7. Alamat pengiklan.

Coba perhatikan iklan yang ada di dalam buku siswa halaman 2!

Contoh iklan dalam buku siswa
Contoh iklan dalam buku siswa

Iklan di atas dibuat sebagai pemberitahuan untuk mempromosikan atau menawarkan mesin cuci dengan merek "RESIK". Selain nama produk yang ditawarkan, dalam iklan tersebut juga dicantumkan keunggulan produk. Keunggulan produk yang disebutkan antara lain bahwa kapasitas mesin cuci tersebut adalah 10 kg, selain itu program mesin cuci dapat diatur sesuai kebutuhan, mampu mencuci bed cover dan bermacam-macam boneka, serta memiliki tabung yang terbuat dari bahan stainless steel. Dengan kelebihan-kelebihan yang disebutkan tersebut, diharapkan orang yang melihat iklan merasa tertarik untuk membeli mesin cuci yang ditawarkan.
Selain nama dan kelebihan produk yang ditawarkan, iklan di atas, juga dilengkapi gambar yang menarik. Gambar yang menarik merupakan salah satu unsur yang penting dalam iklan. Sering kali orang lebih dahulu melihat gambar dahulu, sebelum membaca tulisan dalam sebuah iklan cetak. Jadi gambar yang menarik akan membuat orang lebih tertarik melihat iklan, sehingga kemungkinan untuk membuat orang tertaik membeli produk semakin besar.
Meskipun sudah menyebutkan nama dan kelebihan produk, serta dilengkapi gambar yang menarik, sepertinya ada unsur iklan yang kurang dari iklan di atas bukan? Menurut kalian, apa yang kurang dari iklan tersebut?

Ya. Kalian benar! 
Dalam iklan tersebut tidak dicantumkan kalimat iklan, harga produk, nomor telepon, dan alamat pengiklan. 
Kalimat iklan adalah kata-kata unik yang dibuat untuk membuat orang lebih mudah mengingat produk yang diiklankan. Kalimat iklan biasanya singkat, unik, dan menarik. Perhatikan contoh iklan di bawah ini!
Iklan media cetak
Contoh iklan dan unsurnya

Pada iklan di atas terdapat kalimat iklan "Gaspol makin ngaciiirrrr". Kalimat singkat tersebut dapat disebut sebagai kalimat iklan. Dengan kalimat tersebut, orang jadi lebih mudah mengingat produk yang diiklankan. Coba kalian perhatikan iklan-iklan yang ada di televisi, maupun koran dan majalah! Apakah kalian dapat menemukan kalimat-kalimat serupa?
Bagaimana dengan unsur iklan yang lain dalam contoh iklan di atas? 
Meskipun tidak terlalu singkat, iklan di atas sudah mencantumkan nama dan alamat pengiklan.  Nama, alamat, serta nomor telepon pengiklan juga penting untuk dicantumkan, agar orang yang tertarik membeli produk dapat dengan mudah menghubungi si pengiklan.
Iklan di atas juga mencantumkan harga. Terkadang menampilkan harga barang dapat mempengaruhi orang untuk membeli produk yang diiklankan. Jika harga yang ditawarkan cukup murah (misalnya denan menawarkan harga promosi atau diskon) dibandingkan produk serupa dengan kualitas barang yang sama, biasanya orang akan lebih tertarik untuk membeli. Jadi jika kalian membuat desain iklan, pertimbangkan semua unsur iklan dengan baik.

Masih belum memahami apa itu iklan? Simak penjelasan lebih lanjut dalam video ini!

Tonton juga video berikutnya. Semoga bisa membantumu dalam memahami materi.




Bagaimana, apakah kamu sudah memahami materi yang kita bahas kali ini?
Selanjutnya, untuk menguji pemahamanmu tentang materi di atas, coba kamu jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!




Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kalian mulai memahami apa itu iklan beserta unsur-unsurnya? Adakah kata-kata dalam penjelasan di atas yang belum kalian pahami? Jika iya, mungkin penjelasan dalam glosarium di bawah ini bisa membantu kalian.
--------------------------------------------------------------------
Glosarium

iklan
  1. n berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan
  1. n pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum

kapasitas 
  1. n ruang yang tersedia; daya tampung
  2. n daya serap (panas, listrik, dan sebagainya)
  3. n keluaran maksimum; kemampuan berproduksi

program

  1. n rancangan mengenai asas serta usaha (dalam ketatanegaraan, perekonomian, dan sebagainya) yang akan dijalankan: beberapa partai menyetujui -- pemerintah
  2. n Komp urutan perintah yang diberikan pada komputer untuk membuat fungsi atau tugas tertentu

promosi- perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya)

diskon- potongan harga

desainn kerangka bentuk; rancangan



======================================


Referensi:
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/glosarium
https://i.ytimg.com/vi/gZmvMStPjsE/hqdefault.jpg
Benda-Benda di Sekitar Kita/Buku Siswa -- Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
Benda-Benda di Sekitar Kita : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

0 Comments: