Garis Bujur Garis Lintang dan Letak Astronomis


Untuk menunjukkan letak suatu tempat dengan tepat, kita dapat menunjukkan letak geografis atau letak astronomisnya. Letak geografis adalah letak suatu tempat atau daerah yang dilihat dari kenyataannya di bumi, yaitu dengan menceritakan daerah mana saja yang membatasi daerah tersebut di semua penjuru arah mata angin. Letak astronomis adalah letak suatu daerah berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujurnya. 

Apa itu garis lintang dan garis lintang?


Latitude
Garis Lintang (Latitude)

Garis lintang (Latitude) adalah garis khayal atau garis imaginer yang digunakan untuk menentukan lokasi di bumi pada peta atau globe. Garis lintang membagi bumi, menjadi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis lintang 0°  (nol derajad) adalah garis lintang yang berada di bagian tengah globe, dimana bumi memiliki diameter yang terbesar.  Garis lintang 0° disebut garis katulistiwa atau garis equator.
Kelompok garis lintang yang berada di sebelah selatan garis equator disebut Lintang Selatan (sering disingkat LS). Sedangkan, kelompok garis lintang yang berada di sebelah utara garis equator disebut Lintang Utara (sering disingkat LU). Jarak masing-masing garis intang dinyatakan dalam satuan derajat. Garis lintang yang tepat berada pada garis khatulistiwa disebut 0° (nol derajat).


Apa pengertian Garis Bujur?
Garis Bujur (Longitude)

Garis bujur(Longitude) juga merupakan garis khayal yang dibuat untuk memudahkan dalam menunjukkan letak suatu tempat pada peta atau globe, bedanya, garis bujur  ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan, sehingga garis bujur membagi gambaran permukaan bumi menjadi belahan barat dan timur. 
Garis bujur utama atau Bujur 0° adalah garis bujur yang melalui Kota Greenwich, di negara Inggris.  Garis tersebut disebut garis Meridian. Garis bujur yang terletak di sebelah timur garis Meridian disebut Bujur Timur (disingkat BT), sedangkan garis bujur yang terletak di sebelah barat garis Meridian disebut Bujur Barat (disingkat BB). Garis bujur timur dimulai dari Bujur 0° BT hingga 180° BT. Garis bujur barat dimulai dari Bujur 0° BB hingga 180° BB. Kedua garis tersebut berhimpit di Samudera Pasifik.

3 Comments:

Sri winarni said...

Mantap bu...bisa cepet diakses

Asih Pujiariani said...

Terima kasih banyak bu. Jazakillah Khoir

Asih Pujiariani said...