16. Pertanyaan pagi
Keterampilan SEL: Keterampilan hubungan, kesadaran sosial
Bahan: Daftar pertanyaan yang sesuai dengan siswa Anda!
Coba pertanyaan seperti:
- Apa liburan favoritmu?
- Jika Anda adalah seekor binatang, Anda akan menjadi apa?
- Jika Anda bisa pergi ke mana saja untuk berlibur, kemana Anda akan pergi?
Pertanyaan pagi juga mudah diadaptasi untuk pembelajaran online, dan dapat membantu siswa merasakan kebersamaan meskipun mereka tidak bersama teman sekelas secara langsung.
17. Mainkan game
Keterampilan SEL: Keterampilan hubungan
Bahan: Bervariasi berdasarkan game
Ada banyak alasan mengapa pembelajaran berbasis game sangat bagus untuk siswa, tetapi salah satu yang paling menarik adalah bahwa hal itu mengajari siswa cara bekerja sama, memecahkan masalah, dan menemukan solusi - saat mereka belajar.
Sekolah dasar adalah waktu yang tepat untuk mengajari siswa dasar-dasar pengambilan giliran dan pengaturan emosi.
18. Penulisan jurnal
Keterampilan SEL: Kesadaran diri
Bahan: Buku catatan dan pena, petunjuk penjurnalan
Menulis jurnal adalah cara yang bagus bagi siswa sekolah menengah (ke atas!) Untuk memproses informasi, memahami emosi mereka, dan merefleksikan pelajaran.
Beri siswa waktu reguler setiap minggu untuk membuat jurnal. Berikan petunjuk seperti:
- Apa yang kamu syukuri hari ini?
- Apa arti perduli pada diri sendiri untukmu?
- Apa hobimu? Mengapa?
- Siap orang terdekatmu, yang membuat kamu merasa percaya diri?
Untuk mendorong refleksi siswa, pertimbangkan untuk menilai hanya satu atau dua entri yang siswa pilih untuk ditunjukkan kepada Anda dari jurnal.
19. Waktunya berdebat
Keterampilan SEL: Keterampilan hubungan, manajemen diri, pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
Bahan: Pertanyaan debat terkait pelajaran Anda
Debat adalah cara yang bagus untuk mengajar siswa sekolah menengah bagaimana merumuskan argumen, secara aktif mendengarkan dan dengan hormat tidak setuju dengan teman-teman mereka.
Selain itu, mudah untuk memasukkannya ke dalam pelajaran Anda!
Pilih topik debat seputar novel yang baru saja selesai kelas Anda, peristiwa terkini, atau hal lain yang disukai siswa Anda.
Bagilah menjadi beberapa tim, lalu mintalah siswa membuat argumen terstruktur dan menanggapi teman sekelas mereka. Ini juga cara yang bagus bagi siswa untuk melatih keterampilan berbicara di depan umum!
20. Kutipan hari ini
Keterampilan SEL: Kesadaran diri, keterampilan hubungan
Bahan: Daftar kutipan yang relevan (lihat daftar kutipan guru kami!)
Minta siswa Anda untuk menanggapi kutipan penting tentang topik atau masalah tertentu dan tantang mereka untuk memikirkan emosi pembicara, mendorong empati dan pemikiran kritis.
Pilih kutipan dan letakkan di papan tulis. Baik dalam kelompok kecil, tanggapan penjurnalan individu atau diskusi seluruh kelas, tanyakan kepada siswa:
- Emosi apa yang dialami pembicara?
- Emosi apa yang kamu rasakan dari kutipan ini?
- Informasi atau pandangan apa yang dirujuk kutipan tersebut?
0 Comments:
Post a Comment