Bagaimana Tubuh Kita Bisa Bergerak?

Kamu pasti tahu pentingnya olah raga agar tubuh tetap sehat dan kuat
Entah mau balapan lari, bermain bola atau melakukan serangkaian jumping jet, semua yang kamu lakukan adalah bergerak.
Pernahkan kamu bertanya "Bagaimana tubuh kita bergerak?"
Tubuhmu tersusun atas banyak bagian, yang masing-masing punya tugas khusus.
Untuk memudahkan dalam mempelajarinya, para ilmuan kadang mengelompokkan bagian-bagian tubuh menjadi apa yang disebut "sistem tubuh", dan semua bagian dalam sebuah sistem tubuh bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Dan untuk menggerakan tubuhmu, ada tiga sistem tubuh yang bekerja sama. Ketiga sistem itu adalah sistem rangka, sistem otot dan syaraf. Mari kita pelajari satu persatu!
Mari kita mualai dengan sistem otot!
Sistem otot tentu saja tersusun otas otot-otot. Otot adalah jaringan tubuh yang memungkinkan kamu untuk bergerak. Otot tidak saja membantumu memukul bola,atau melompat untuk menangkap bola, tetapi beberapa bagian otot membantumu mengunyah, menggerakkan hidung, menjulurkan lidah, atau sekedar berkedip, dan beberapa otot lain seperti otot punggung dan otot kaki membantu tubuhmu tetap tegak, berlari atau duduk.
Jaringan otot itu sangat fleksibel seperti karet tebal atau karet elastik yang dapat meregang dan berubah bentuk. Mari kita lihat bagaiman hal itu terjadi. Saat kamu menekuk lengan pada sikumu, ototmu yang disebut otot bisep berkontraksi atau menegang. Saat berkontraksi, otot tersebut akan menjadi lebih tebal dan lebih pendek. Saat kau meluruskan kembali lenganmu, otot bisep akan berelaksasi, dimana bentuknya menjadi lebih panjang dan lebih tipis.
Kontraksi dan relaksasi otot tidaklah cukup untuk membuat tubuhmu bergerak. Otot perlu terhubung ke sistem tubuh yang lain. Dan sistem tubuh itulah yang disebut sistem rangka. Bagian utama sistem rangka dalam tubuhmu adalah tulang. Jika kamu berfikir bahwa tulang adalah suatu benda mati, kamu salah! Tulangmu juga bagian tubuh yang tumbuh dan punya tugas spesial. Salah satu tugas utamanya adalah menopang tubuhmu, termasuk otot. Serat kuat yang disebut tendon, melekatkan ototmu ke tulang. Saat berkontraksi atau berelaksasi, otot menarik tulang ke arah yang berbeda, sehingga tulang bergerak. 
Bagaimana ototmu tahu kapan harus bergerak? Ototmu tahu, karena mereka dikendalikan oleh sistem syaraf dalam tubuhmu. Bagian utama sistem syaraf dalam tubuh kita adalah otak. Otak berfungsi seperti semacam pusat kendali tubuhmu. Saat kamu ingin bergerak, otak mengirim sinyal ke otot, memberi otot perintah yang spesifik tentang apa yang harus dilakukan. Sebagai contoh jika kamu ingin makan sesuatu, otak akan mengirim perintah kepada otot lengan dan jari-jari untuk berkontraksi. Mereka menarik tulang jarimu sehingga kamu dapat mengambil makanan. Selanjutnya otak akan mengirimkan sinyal yang lain agar tangamu dapat bergerak ke arah mulut, dengan demikian, kamu bisa makan. Jadi begitulah bagaimana kita bisa bergerak. Untuk bergerak ada 3 sistem tubuh yang terlibat, yakni sistem otot, sistem rangka, dan sistem syaraf.

Untuk memberi gambaran nyata tentang bagaimana tubuh kita bisa bergerak, saksikan juga ilustrasi pada video di bawah ini!
Videonya dalam bahasa inggris sih, tapi semoga kalian tidak kesulitan untuk memahaminya. Itung-itung sambil belajar bahasa Inggris ya.... 


0 Comments: