Struktur dan Bentuk Tulang Manusia

Tulang rangka manusia
Rangka tubuh manusia

Apa saja yang sudah kamu lakukan sejak bangun tidur tadi pagi? 
Hampir semua hal yang kita lakukan, entah berjalan, duduk, berdiri, membawa barang, atau sekedar menggeliat dan bernapas, melibatkan sistem gerak dalam tubuh kita. Pernahkah kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa udara pernapasan keluar masuk rongga dada kita?
Udara bisa keluar dan masuk rongga dada kita, berkat kerja sama antara otot dada dan tulang-tulang dada. Begitu pula saat kamu berjalan, berlari, melempar bola, menendang, menulis, dan kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan gerakan. Bagian tubuh kita yang berperan penting saat kita bergerak ditebut organ gerak. Organ gerak manusia terdiri atas organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Organ gerak aktif dalam tubuh kita adalah otot, sedangkan organ gerak pasif berupa tulang. Otot dan tulang inilah yang membentuk sistem gerak.
Mengapa tulang disebut organ gerak pasif, sedangkan otot disebut organ gerak aktif?
Saat bergerak, otot-otot di tubuh kitalah yang menggerakkan tulang-tulang yang menopang tubuh. Otot yang melekat ke tulang akan menghasilkan gerakan saat berkontraksi. Karena otot yang menggerakkan, sedangkan tulang hanya digerakkan, maka otot disebut organ gerak aktif, dan tulang disebut organ gerak pasif.
Meskipun merupakan organ gerak pasif, tulang di tubuh kita punya peranan yang sangat penting. Oleh karena itulah, kita perlu mempelajari susunan tulang-tulang kita. Dengan demikian kita tahu bagaimana menjaga kesehatan ciptaan Tuhan yang luar biasa tersebut.
Susunan tulang-tulang yang membentuk tubuh kita sering disebut rangka tubuh. Rangka tubuh seperti bingkai yang mendukung dan membentuk tubuh. Pada tubuh orang dewasa, terdapat 206 tulang yang mencakup 20% massa tubuh. Meskipun ringan, rangka tubuh kita mempunyai struktur yang sangat kuat lho!
Rangka tubuh manusia dibedakan menjadi rangka tengkorak, rangka badan, dan rangka anggota gerak. Rangka tengkorak dan rangka badan diistilahkan dengan sebutan rangka aksial. Rangka aksial adalah rangka yang berada pada sumbu tubuh. sedangkan rangka anggota gerak (yang tersusun atas tulang-tulang tangan dan kaki) disebut rangka apendikuler. 
Tubuh kita tersusun atas banyak sekali tulang bukan? Pertemuan antara dua tulang atau lebih akan membentuk persendian. Sendi yang satu dengan sendi yang lain, dihubungkan oleh ligamen.

Struktur Tulang
Pernahkah kalian mengamati tulang sapi atau ayam. Jika kalian perhatikan, bagian dalam dan bagian luar tulang tidak sama. Bagian luar tulang lebih padat dan keras (disebut tulang padat), sedangkan bagian dalamnya lebih lunak dan berongga-rongga (disebut tulang spon). Tulang spon jauh lebih ringan dibandingkan tulang padat. Begitu pula struktur tulang kita. Tulang kita juga terbentuk dari tulang padat pada bagian luar, dan tulang spon di bagian dalam. Struktur seperti itu, menjadikan tulang mempunyai sifat ringan, tapi kuat. Struktur tulang itulah yang menginspirasi  Gustave Eiffel, Maurice Koechlin dan Emile Nouguier dalam membangun menara Eiffel. Perancang menara yang menjadi simbol kota Paris, Prancis tersebut dibangun dengan meniru struktur tulang paha lho.
Struktur tulang manusia
Struktur tulang

Pada tulang panjang, seperti tulang paha, selain tulang padat dan tulang spon, di bagian dalam tulang juga terdapat saluran yang mengandung sumsum tulang. 

Bentuk Tulang
Dari 206 tulang yang ada dii tubuh kita, tidak semua memiliki fungsi dan bentuk yang sama. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 4, yaitu:
  • Tulang pipa
    Tulang pipa ini adalah tulang yang bentuknya panjang dan bulat, seperti pipa. Tulang tulang paha, tulang betis tulang hasta, tulang pengumpil, tulang lengan atas, dan tulang jari adalah beberapa contoh tulang berbentuk pipa. Saat ada kontraksi otot, tulang pipa bekerja bekerja seperti tuas 
  • Tulang pipih
    Tulang pipih adalah tulang yang bentuknya tipis, kadang selain tipis, tulang pipih juga melengkung. Bentuk tulang seperti ini dimiliki tulang tengkorak, tulang dada, tulang belikat, dan tulang rusuk. Tulang pipih biasanya berfungsi sebagai tempat melekatnya otot, sekaligus menjaga organ tubuh yang pentung seperti otak, mata, jantung, paru-paru dan organ-organ lainnya.
  • Tulang pendek
    Tulang pendek berbentuk seperti kubus, yang panjang, lebar dan ketebalannya sama. Di dalam tubuh kita, tulang pergelangan tangan dan  pergelangan kaki memiliki bentuk seperti itu. Tulang pendek bertugas melakukan beberapa gerak terbatas dan menjaga keseimbangan.
Itu tadi pembahasan mengenai struktur dan bentuk tulang. Dalam tulisan selanjutnya, kita akan membahas lebih jauh mengenai persendian. 


Catatan
Struktur Tulang artinya bagian yang membentuk tulang
Kontraksi adalah penegangan; pengerasan; penguncupan (tentang otot)
Ligamen adalah jaringan kuat yang mengikat tulang pada persendian

Referensi:
https://bobo.grid.id/read/081626558/tulang-manusia-berdasarkan-bentuknya-ada-4-macam-apa-saja-ya?page=all
https://www.gurune.net/2019/07/fungsi-tulang-pada-manusia.html
https://www.quipper.com/id/blog/mapel/biologi/rangka-manusia-biologi/
https://ronymedia.wordpress.com/2010/05/16/%E2%80%9Dmenara-eiffel%E2%80%9D-meniru-rancangan-tulang-tubuh-manusia/

0 Comments: