This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Bagaimana Tumbuhan Mendapatkan Makanannya

 Apa yang Kamu lakukan saat lapar?

Kamu mungkin akan meminta sesuatu untuk dimakan pada ibumu, bukan? Atau Kamu bisa pergi ke dapur dan menyiapkan sesuatu untuk dimakan.

Nah, tanaman menjadi lapar juga seperti kita. Tetapi karena tanaman tidak memiliki ibu (atau dapur), mereka harus membuat makanan sendiri. Saat tumbuhan membuat makanannya sendiri, itu disebut fotosintesis. 

Fotosintesis itu apa sih? 

Fotosintesis artinya cahaya (foto) digunakan untuk membuat sesuatu (sintesis). Hhmmm… coba tebak bagaimana tumbuhan membuat makanannya?

Jika Anda menebak matahari, Anda benar! Begini cara kerjanya…


Pentingnya Sinar Matahari

Semua tumbuhan memiliki bahan kimia di daunnya yang disebut klorofil. Klorofil inilah yang membuat daun tanaman menjadi hijau. Tapi itu bukan satu-satunya fungsi yang dimiliki klorofil. Fungsi lainnya adalah menyerap kehangatan dan energi dari sinar matahari. 

Energi matahari sangat penting, namun energi matahari bukanlah semua yang dibutuhkan tumbuhan untuk membuat makanannya. Mereka juga membutuhkan air dan udara.


Tumbuhan Minum? 

Sementara daun mengumpulkan energi dari matahari, mereka juga menyerap air melalui akar tanaman. Air masuk ke akar melalui sel tumbuhan yang disebut xilem. Air, yang ada di dalam tanah, mengalir melalui akar, ke batang dan ke daun… seperti sedotan besar. 


Tumbuhan Bernapas?

Tumbuhan harus bernapas seperti kita. Perbedaan antara tumbuhan dan manusia adalah apa yang kita butuhkan untuk bernafas. Coba ambil napas dalam-dalam dan tahan. Anda menghirup oksigen.

Sekarang keluarkan. Udara yang Anda keluarkan adalah karbon dioksida.

Tumbuhan melakukan hal yang sama, kecuali ketika mereka menarik napas dalam-dalam, mereka menghirup karbon dioksida dan ketika mereka mengeluarkannya, itu adalah oksigen.

Tumbuhan mengambil dan mengeluarkan udara melalui stomata. Gas yang dibutuhkan tumuhan untuk fotosintesis adalah Carbondiokasida (CO2), gas yang dibuang berupa Oksigen (O2). Bagaimana jika kedua jenis gas tersebut tertukar? 

Tenang!!! tumbuhan sangat pintar dan memiliki struktur khusus yang disebut stomata yang tidak akan membiarkan karbon dioksida melewati lapisan lilin pelindung yang menutupi daun (kutikula).


Bagaimana tumbuhan bernafas?

Anda telah mempelajari bahwa energi matahari memasuki daun melalui klorofil di daun. Daun tanaman juga memiliki ratusan ribu lubang kecil di dalamnya yang disebut stoma.

Stoma sangat kecil sehingga kamu harus memiliki mikroskop untuk melihatnya, tetapi stoma tersebut cukup besar untuk menghirup karbon dioksida yang dibutuhkan tumbuhan untuk membuat makanannya.

Tumbuhan menyerap karbon dioksida melalui daunnya pada saat yang sama menyerap energi dari matahari dan minum air.

Wow! Saya yakin kamu tidak pernah menyadari betapa sibuk atau pentingnya daun tanaman, bukan?

Setelah daun tanaman mengumpulkan cukup karbon dioksida, air, dan energi matahari, mereka siap untuk membuat makanan bagi seluruh tanaman.


Waktu makan!

Ketika karbon dioksida, air dan energi dari matahari digabungkan, matahari mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa (gula).

Tanaman menggunakan glukosa sebagai makanan dan mengambil molekul hidrogen dari air agar tidak kering dan layu.

Glukosa memberi energi pada tumbuhan.

Mereka menggunakan energi ini untuk membuat lebih banyak daun, bunga, buah atau sayuran dan biji-bijian yang dapat tumbuh menjadi tanaman baru.

Glukosa juga memberi tanaman energi yang dibutuhkan untuk tumbuh lebih tinggi dan lebih penuh dan membuat dinding sel tanaman.

Kita tahu mengapa penting bagi bunga untuk membuat daun, bunga, buah, sayuran, dan biji baru, tetapi mengapa dinding sel tanaman begitu penting?


Perlu Kamu ingat!

Dinding sel tumbuhan memiliki dua tugas utama: Mengelilingi sel tumbuhan yang sebenarnya.

Setiap makhluk hidup terdiri dari sel dan setiap sel tumbuhan memiliki dinding sel.

Dinding sel tumbuhan berada di dekat permukaan atau di luar tumbuhan — bagian yang kita lihat.

Karena letaknya sangat dekat dengan bagian luar tanaman, dinding sel tanaman: Membantu menjaga serangga, serangga, dan penyakit menyerang tanaman Membantu menjaga tanaman tetap tegak dan tinggi.



Ketika tumbuhan menggabungkan air, karbon dioksida, dan energi matahari untuk membuat glukosa selalu ada yang tersisa.

Ini disebut oksigen — oksigen yang sama yang kita butuhkan untuk bernapas. Karena tanaman tidak membutuhkannya, mereka membuangnya. 

Saat tumbuhan menghilangkan oksigen yang tidak mereka butuhkan, itu disebut respirasi.

Tumbuhan menghilangkan oksigen melalui daun, batang dan bunganya, buah-buahan atau sayurannya.

Dan ketika mereka melakukannya, kita bisa mendapatkan oksigen yang kita butuhkan.

Terima kasih, tanaman ~


Fakta tentang Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses kimia terpenting di dunia. Tanpanya tumbuhan dan manusia tidak mungkin ada, daun tumbuhan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya, sebagian besar proses fotosintesis berlangsung di daun tumbuhan, daun tumbuhan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya, sebagian besar proses fotosintesis berlangsung di daun tanaman.

Daun tumbuhan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Sebagian besar proses fotosintesis berlangsung di daun tumbuhan.


Yuk simak video berikut untuk menambah pemahamanmu, tentang pentingnya tumbuhan!



Setelah membaca penjelasan dan menonton video di atas, kapan kamu akan mulai menanam tumbuhan di lingkunganmu?


Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Tumbuhan Karnivora

Kata karnivora berarti membutuhkan daging (dari hewan) untuk kelangsungan hidup. Jadi itu artinya tumbuhan karnivora adalah tumbuhan yang memakan serangga bahkan hewan kecil seperti katak. Apa! Apakah benar ada tumbuhan yang memakan?

Ya, ada. Faktanya, ada 630 jenis tumbuhan karnivora di seluruh dunia. Beberapa tanaman karnivora adalah tanaman air (mereka hidup di air) dan beberapa hidup di tanah seperti kebanyakan tanaman lain.

Sekarang Anda mungkin ingin tahu bagaimana tumbuhan karnivora menangkap serangga yang perlu dimakannya karena tumbuhan tidak memiliki lengan dan kaki serta tidak dapat berjalan. Sebenarnya ada lima cara tumbuhan karnivora dapat menangkap mangsanya (makanan). Mari pelajari lebih banyak!


Kantung Semar

Tumbuhan Karnivora

Beberapa tanaman karnivora memiliki daun licin yang berbentuk seperti corong dan miring ke bawah ke arah bawah tanaman. Ketika serangga hinggap di daun tanaman ini, mereka terpeleset dan meluncur jatuh ke dalam kantung daun, ke dalam 'kumpulan' enzim pencernaan yang ada di sana. 

CATATAN: enzim pencernaan adalah cairan yang membantu mencerna makanan. 


Papertrap

Kamu mungkin pernah mendengar tentang Penangkap Lalat Venus (Venus Flytrap). Venus Flytrap adalah tanaman karnivora paling populer atau terkenal, tapi itu bukan satu-satunya yang menangkap mangsanya dengan cara memerangkap mereka di daunnya. Tanaman carnivora jenis paper trap seperti Pinguicula conzattii memiliki zat lengket pada permukaan daunnya yang akan membuat serangga tidak bisa kabur, ketika serangga hinggap di tanaman karnivora seperti ini.

Pinguicula conzattii

Gambar di atas menunjukkan  Pinguicula conzatti. Tanaman lain seperti jenis Drosera, lebih dramatis dalam menangkap mangsanya. Simak saja dalam video berikut:


Snap Traps 

Snap traps adalah jenis tanaman karnivora dengan jebakan kancing menangkap makanan mereka dengan menjebak serangga di dalam daunnya sehingga mereka tidak dapat melarikan diri. Begini cara kerjanya: saat serangga hinggap di daun tanaman ini, duri berbulu menutup hampir seketika. Serangga kemudian jatuh di daun tempat mereka dicerna.

Bagaimana Tumbuhan Karnivora menangkap mangsanya? Perhatikan video berikut!



Bladder traps 

Bladder traps adalah jenis tumbuhan karnivora dengan perangkap kandung kemih hidup di air. Mereka menghisap serangga dan hewan kecil lainnya keluar dari air (seperti penyedot debu) dan masuk ke dalam kandung kemih sehingga bisa dicerna.

Video di atas menunjukkan bagaimana Venus Flytrap dan kantung semar memerangkap mangsanya. Untuk mengetahui bagaimana tumbuhan karnivora jenis bladder trap menangkap mangsa, simak video berikut:


Lobster traps

Perangkap lobster dalah jenis tanaman karnivora dengan perangkap lobster menggunakan rambut-rambut kecil yang semuanya mengarah ke arah yang sama untuk memaksa serangga berjalan menuju kumpulan enzim pencernaan di bagian bawah daun tanaman.


Genlisea salah satu jenis tanaman karnovora jenis lobster trap

Perangkap lobster adalah ruang yang mudah dimasuki, dan pintu keluarnya sulit ditemukan atau terhalang oleh bulu yang mengarah ke dalam. Pot lobster adalah mekanisme perangkap di Genlisea. Tumbuhan ini tampaknya mengkhususkan diri pada protozoa air. Daun yang dimodifikasi berbentuk Y memungkinkan mangsa masuk tetapi tidak bisa keluar. Bulu-bulu yang mengarah ke dalam memaksa mangsanya bergerak ke arah tertentu. Mangsa yang memasuki pintu masuk spiral yang melingkar di sekitar dua lengan atas Y dipaksa untuk bergerak secara tak terelakkan menuju perut di lengan bawah Y, tempat mereka dicerna. Pergerakan mangsa juga diperkirakan didorong oleh pergerakan air melalui perangkap, yang dihasilkan dengan cara yang mirip dengan ruang hampa di perangkap kandung kemih, dan mungkin terkait secara evolusioner dengannya.


Mengapa Tumbuhan Karnivora Mengkonsumsi Binatang?

Tanaman karnivora membutuhkan lebih dari sekedar serangga atau katak untuk bertahan hidup. Seperti semua tumbuhan lain, tumbuhan karnivora bergantung pada fotosintesis untuk sebagian makanannya (gula) dan juga karbon dioksida.

Jadi, mengapa makan serangga? Jika mereka mendapatkan makanan melalui fotosintesis, mengapa mereka membutuhkan serangga atau katak untuk dimakan? Tumbuhan karnivora mendapatkan nitrogen, fosfor, dan kalsium dari makanan unik mereka. Tanaman lain mendapatkan hal ini dari tanah.




Sumber: 
https://www.scienceforkidsclub.com/carnivorous-plants.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Carnivorous_plant

Fakta Menarik tentang Buah Pisang yang Perlu Kamu Tahu

Fakta Menarik Tentang Buah Pisang yang Perlu Kamu Tahu

Pisang adalah buah yang sangat populer yang dapat kita temukan mana saja di Indonesia. Buah yang satu ini, sangat populer untuk dimakan dan juga membawa banyak manfaat kesehatan. Tapi, ada sejumlah manfaat yang mereka miliki yang mungkin belum Anda ketahui. Cari tahu beberapa fakta menarik yang dimiliki pisang sederhana yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.


Fakta Menarik tentang Pisang

  • Pisang mengandung sekitar 70% air
  • Pisang bisa mengapung di air
  • Pisang mengandung kalium dan juga tinggi karbohidrat dan gula
  • Ada lebih dari 1000 jenis pisang di dunia
  • Di Indonesia, terdapat lebih dari 230 varietas pisang. 
  • Indonesia dikenal sebagai produsen pisang nomor 7 di dunia. 

  • Pisang tumbuh di lebih dari 150 negara berbeda
  • Kosta Rika, Kolumbia, Ekuador, Honduras, Panama, dan Guatemala adalah negara-negara di Amerika Latin dan Amerika Selatan yang menanam dan mengekspor sebagian besar pisang yang kita makan 
  • Pisang merupakan komoditas yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, karena sekitar 45% konsumsi buah-buahan adalah pisang. 
  • Pusat produksi pisang di Indonesia terdapat di Sumatra, Jawa, dan Bali. 
  • Pisang sering dimakan segar, dikolak, dibakar, dikukus, atau dibuat tepung pisang. 
  • Umbut batang pisang juga dapat dimakan. 
  • Batang pisang juga dipakai untuk bahan dekorasi, dan membungkus tembakau. 
  • Daun pisang digunakan sebagai pembungkus berbagai jenis makanan.
  • Musa Ingens, Pisang Terbesar di Dunia yang Berasal dari Tanah Papua
  • Beberapa ahli kesehatan tidak sependapat tentang manfaat nutrisi dari pisang
  • Pisang adalah tanaman keempat yang paling banyak dikonsumsi yang kita makan
  • Tanaman pisang adalah jenis tumbuhan bukan pohon
  • Mereka tumbuh dalam tandan besar Kadang-kadang dapat ditemukan dalam warna berurutan, termasuk merah
  • Jenis pisang paling populer yang dapat Anda temukan di dunia adalah pisang Cavendish
  • Tanaman pisang bisa setinggi 25 meter dengan diameter batang mencapai 2 meter
  • Bisakah Anda mengupas dan makan 8 pisang dalam satu menit? itulah yang dilakukan Patrick Bertoletti (AS) pada tahun 2012
  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan pisang dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung, 
  • jika menggunakan plastik pembungkus pada batang pisang, pisang dapat bertahan hingga 5 hari lebih lama.


Referensi

Indozone.id (24 Mei 2020). Musa Ingens, Pisang Terbesar di Dunia yang Berasal dari Tanah Papua. https://www.indozone.id/food/gms77b4/musa-ingens-pisang-terbesar-di-dunia-yang-berasal-dari-tanah-papua#:~:text=Musa%20ingens%2C%20pisang%20paling%20besar,tumbuh%20setinggi%2020%2D25%20meter. diakses 12 Desember 2020

Science for Kids. Banana Facts. https://www.scienceforkidsclub.com/banana-facts.html diakses tanggal 12 Desember 2020

Wikipedia (23 Maret 2020) Produksi pisang di Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/Produksi_pisang_di_Indonesia#:~:text=Pisang%20merupakan%20komoditas%20yang%20paling,dan%20kultivar%20dari%20pisang%2Dpisang. diakses tanggal 12 Desember 2020

PGP-1-Kabupaten Temanggung-Asih Pujiariani-1.2-Aksi Nyata

Salah satu fase dalam Pelatihan Guru penggerak adalah Aksi Nyata, dimana Calon Guru Penggerak diminta mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dalam satu modul. Hasil dari aksi nyata didokuentasikan baik dalam bentuk artikel, video maupun gambar-gambar. 

Berikut adalah artikel yang berisi laporan aksi nyata saya pada modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak


VISI GURU PENGGERAK: BELAJAR SEPANJANG HAYAT

 

Oleh

Asih Pujiariani, S. Pd

 

Latar belakang

Seorang Guru Penggerak mempunyai peran besar dalam mewujudkan visi murid merdeka, yang mencerminkan murid yang Pancasilais, memiliki tekad untuk belajar sepanjang hayat, memiliki kompetensi global. Menurut Ki Hajar Dewantara, dalam mendidik, peran seorang pendidik adalah menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan kodrati yang ada  dalam diri anak. Dalam menuntun kekuatan kodrat anak, salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru adalah Ing ngarso sung tulodho, yang artinya “Di depan, memberi contoh”.  Oleh karena itu, dalam mewujudkan murid merdeka yang memiliki tekad untuk belajar sepanjang hayat, sangat penting bagi guru, untuk memberikan contoh dalam hal tersebut. Guru harus selalu berusaha belajar dan belajar, mengembangkan potensi serta kompetensi.

Selain memberi contoh perilaku belajar sepanjang hayat, upaya guru untuk secara mandiri terus berusaha mengembangkan potensi dan kompetensi, muara utamanya adalah peningkatan layanan bagi peserta didik. Ki Hajar Dewantara berpendapat, anak haruslah dididik sesuai kodrat jamannya. Di era global, dimana perkembangan teknologi sangat masif, belajar hal-hal baru, agar mampu menyiapkan anak menghadapi tantangan zamannya, adalah suatu kewajiban bagi guru. Melalui peningkatan kompetensi guru, diharapkan layanan pendidikan yang diberikan kepada peserta didik akan semakin baik, sehingga harapan untuk mewujudkan murid merdeka yang memiliki kompetensi global dapat terwujud.

Upaya yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan potensi dan kompetensi antara lain adalah melalui berbagai pelatihan, workshop, seminar, kologium, dan kegiatan ilmiah lainnya. Selain itu, guru juga perlu menambah wawasan dengan memperkaya informasi dari berbagai bahan kepustakaan. Guru juga dapat berperan aktif dalam berbagai organisasi dan komunitas yang mendukung peningkatan kompetensinya, seperti organisasi profesi, komunitas literasi, komunitas seni, dan sebagainya. Melalui organisasi-organisasi tersebut, selain dapat meningkatkan kompettensi diri, seorang CGP juga dapat berperan aktif dalam meningkatkan kompetensi orang-orang di sekitarnya. Dimana kegiatan kolaboratif semacam itu, juga merupakan salah satu kompetensi yang perlu dikuasai seorang guru penggerak.

Kompetensi guru penggerak lainnya adalah kemampuan managemen memimpin sekolah. Dalam menjalankan peran tersebut, CGP dituntut untuk memimpin gerakan perubahan. Perubahan ke arah yang lebih baik adalah sebuah keharusan, demi masa depan yang lebih baik. Untuk itu, seorang guru penggerak harus memiliki nilai- nilai/ inovatif dan berpihak pada murid. Segenap upaya inovasi yang dilaksanakan haruslah menjadikan murid atau siswa sebagai subjeknya.

 

Deskripsi Aksi Nyata yang Dilakukan

Berdasarkan latar belakang di atas, beberapa aksi nyata yang saya lakukan dalam mengaplikasikan nilai guru penggerak adalah sebagai berikut:

 

1.    Mengikuti lebih banyak diklat, workshop, seminar, dan kegiatan kolektif guru lainnya untuk meningkatkan kompetensi diri

Djam’an satori dkk (2011:1.18) mengemukakan, seorang guru profesional harus memiliki kompetensi personal, artinya guru harus memiliki sikap kepribadian yang patut diteladani, sehingga mampu melaksanakan kepemimpinan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu tutwuri handayani, ing madya mangun karso, dan ing ngarso sung tulodho. Guru bukan hanya pengajar, pelatih dan pembimbing, tetapi juga sebagai cermin tempat peserta didik berkaca. Oleh karena itu, guru harus mempunyai kompetensi kepribadian sebagai pemberi bimbingan dan keteladanan. Secara bersama-sama mengembangkan kreativitas dan membangkitkan motif belajar serta dorongan untuk maju kepada peserta didik. Djam’an Satori dkk juga berpendapat, kompetensi kepribadian lain yang perlu dimiliki guru adalah mengembangkan profesinya sebagai inovator dan kreator. Sebagai seorang inovator, seorang guru mau dan mampu mengambangkan berbagai model pembelajaran.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan mengambangkan berbagai model pembebelajaran, guru dapat mengikuti berbagai pelatihan/ workshop. Untuk itulah, saya mencoba mengikuti beberapa upaya pengembangan diri melalui seminar,pelatihan, dan workshop, baik secara daring maupun luring.

 

 

2.    Aktif dalam komunitas yang mendukung kemampuan profesional sebagai guru dan pribadi, salah satunya komunitas literasi di kabupaten.

Syarwani Ahmad dan Zahruddin Hodsay (2020) berpendapat, dalam jabatan profesional, guru harus selalu mengambangkan diri untuk memutakhirkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikapnya sesuai tuntutan tugas dan perkembangan zaman. Sebagai jabatan profesional, guru berada dalam satu organisasi kesejawatan yang bergerak dalam bidang pengembangan para anggotanya, sedangkan Mulyana A.z (2010) mengemukakan kualitas akademik dapat ditingkatkan melalui pendidikan lanjut, kursus, seminar, dan lain sebagainya. Peningkatan kemampuan membangun jaringan (networking) juga dapat ditingkatkan dengan memperbanyak teman, aktif di orgaisasi, dan lain sebagainya.

Berdasarkan kedua pendapat tersebut, dapat saya simpulkan bahwa aktif dalam organisasi, baik organisasi profesi maupaun bukan, dapat mendukung peningkatan kompetensi guru. Hal tersebut menjadi salah satu latar belakang bagi saya untuk turut aktif dalam organisasi/ komunitas yang terkait dengan profesi keguruan. Salah satu komunitas tersebut adalah komunitas literasi di tingkat kabupaten.

 

 

3.    Menambah referensi tentang strategi pembelajaran yang berpusat pada anak

Usaha lain yang saya lakukan untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan pembelajatran yang berpusat pada anak adalah dengan menambah referensi mengenai masalah tersebut, diantaranya dengan menambah koleksi buku.

 

4.    Mengaplikasikan pengetahuan mengenai strategi pembelajaran yang berpusat pada anak untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas

Segala upaya guru dalam mengembangkan diri, orientasi utamanya adalah siswa. Khususnya dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan bagi siswa. Segala teori yang dipelajari akan sia-sia jika tidak diaplikasikan di kelas.

 

5.    Mencoba melanjutkan rencana “Menulis buku bersama anak” dalam rangka pembudayaan literasi, untuk melatih kemampuan managemen memimpin sekolah

 

Aksi Nyata ke lima yang saya rencanakan seblumnya adalah melanjutkan rencana “Menulis buku bersama anak”. Hal tersebut merupakan salah satu upaya yang saya lakukan dalam rangka pembudayaan literasi di kelas saya.

 

Hasil dari Aksi Nyata yang dilakukan

1.    Mengikuti lebih banyak diklat, workshop, seminar, dan kegiatan kolektif guru lainnya untuk meningkatkan kompetensi diri

Kegiatan pengembangan diri pertama yang saya ikuti pada bulan November 2020 adalah Webinar Guru Penggerak Literasi Sains yang diselenggarakan PPPPTK IPA pada hari Jumat, 13 November 2020. Dalam webinar yang diselenggarakan melalui zoom meeting dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube tersebut, bertindak sebagai presenter adalah Muhammad Nurrisalam S.Si, M, Si yang membawakan materi “Membumikan Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Alat Peraga Pembelajaran dari Alam Sekitar” dan Mira Fitriana, S.Si yang membawakan materi “Modelling Instruction sebagai Solusi Melatih Literasi Sains Siswa”.

Gambar    1  Siaran Langsung  Webinar melalui Kanal Youtube

Sebagai bukti telah mengikuti webinar tersebut di atas, setiap peserta yang mengikuti webinar sesuai ketentuan, mendapatkan surat keterangan. Berikut adalah surat keterangan yang saya dapatkan dalam webinar tersebut:

Gambar    2  Surat Keterangan sebagai Peserta Webinar

Selain webinar, kegiatan pengembangan diri lain yang saya ikut dalam kurun waktu satu bulan ini adalah Bimbingan Teknis Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus merupakan kegiatan yang difasilitasi Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Dirjend GTK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam rangka mengatasi kekurangan Guru Pembimbing Khusus untuk pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Indonesia. Yang berlangsung tanggal 17 s.d 20 November 2020 di Yogyakarta.

 

Gambar    3  Pembukaan Bimtek Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus di Yogyakarta

 

Pendidikan Inklusi merupakan sistem pendidikan yang memeberikan kesempatan kepada semua anak untuk memperoleh layanan pendidikan yang bermutu, humanis, dan demokratis. Disebutkan pula dalam penjelasan pasal 15 dalam undang-undang Sisdiknas Tahun 2003, berbunyi: “Pendidikan Khusus merupakan penyelenggaraakn pendidikan untuk peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif atau berupa satuan pendidikan khusus ...”. selanjutnya dengan mengacu kepad Permendiknas Nomor 70 tahun 2009, memungkinkan setiap pemerintah daerah menunjuk sekolah-sekolah inklusif baru. Faktanya, sekolah penyelenggara pendidikan inklusif sangat terbatas, secara fungsional sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara pendidikan inklusi pun belum sepenuhnya dapat menjalankan peranya sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusi secara optimal. Guna memenuhi tantangan tersebut, pemerintah melaksanakan program pemenuhan kekurangan guru pembimbing khusus yang dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap penguasaan konsep dilaksanakan dengan moda daring, sedangkan tahap penguasaan dilaksanakan secara luring.

Gambar    4  Salah satu sesi pesentasi dalam Bimtek

Gambar di atas menunjukkan salah satu sesi presentasi sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan bimtek. Dalam bimtek calon Guru Pembimbing Khusus dibekali pengetahuan dan ketrampilan melakukan identifikasi peserta didik berkebutuhan khusus, mengembangkan instrumen dan melakukan asesmen,             membuat planning matrix, berdasarkan asesmen, membuat RPP integrasi berdasarkan planning matrix, dan membuat Program Pembelajaran Individual (PPI) berdasarkan planning matrix tersebut. Pengetahuan dan ketrampilan tersebut merupakan bekal yang sangat berharga, mengingat di sekolah kami memang terdapat beberapa siswa yang menunjukkan indikasi sebagai anak berkebutuhan khusus.

Gambar    5  Setifikat Diklat GPK

 Gambar di atas menunjukkan sertifikat yang didapatkan sebagai bukti telah menyelesaiakan bimtek dengan baik. Namun sesungguhnya pengetahuan yang diperoleh lah yang jauh lebih penting. dengan pengetahuan tersebut, saya berharap dapat memberikan layanan pendidikan yang lebih baik bagi peserta didik.

 

2.    Aktif dalam komunitas yang mendukung kemampuan profesional sebagai guru dan pribadi, salah satunya komunitas literasi di kabupaten.

Menurut Mulyana A.z (2010), kualitas akademik dapat ditingkatkan melalui pendidikan lanjut, kursus, seminar, dan lain sebagainya. Peningkatan kemampuan membangun jaringan (networking) juga dapat ditingkatkan dengan memperbanyak teman, aktif di orgaisasi, dan lain sebagainya. Berdasarkan pendapat tersebut, dapat saya simpulkan bahwa aktif dalam organisasi, baik organisasi profesi maupaun bukan, dapat mendukung peningkatan kompetensi guru. Hal tersebut menjadi salah satu latar belakang bagi saya untuk turut aktif dalam organisasi/ komunitas yang terkait dengan profesi keguruan. Salah satu komunitas tersebut adalah komunitas literasi di tingkat kabupaten, yakni komunitas Empis-empis.

Gambar    6  Komunikasi dalam komunitas literasi melalui WAG

Empis-empis merupakan komunitas literasi yang anggotanya berasal dari berbagai kalangan. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan arisan menulis. Anggota komunitas diminta untuk menyetorkan karya dengan tema berbeda setiap minggunya. Anggota secara bergiliran mendapat gliran untuk menentukan tema karya.

 

 

3.    Menambah referensi tentang strategi pembelajaran yang berpusat pada anak

Gambar    7  Koleksi Buku Referensi Terbaru

Buku yang saya beli dalam satu bulan terakhir ini adalah Multimedia Learning karya Ricardd E. Mayer dan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 karya Drs. Daryono.

 

4.    Mengaplikasikan pengetahuan mengenai strategi pembelajaran yang berpusat pada anak untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas

Upaya yang saya tempuh dalam mengaplikasikan startegi pembelajaran yang perpusat pada siswa dalam kurun waktu satu bulan terakhir adalah dengan mengaplikasikan konsep pembelajaran menurut Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran di Kelas.

Gambar    8  Pembelajarn dengan Mengaplikasikan Pemikiran KHD mengenai Pembelajaran

 

Gambar di atas, menunjukkan salah satu oment saat saya mencoba memperbaiki hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika, yakni pada materi perkalian dan pembagian pecahan. Upaya yang mempraktekkan pemikiran KHD, bahwa salah satu kodrat anak adalah bermain ternyata mendatangkan hasil yang sangat memuaskan. Siswa yang semula belum menguasai konsep pada akhir pembelajaran telah 100% mengusai konsep yang dipelajari.

 

5.    Mencoba melanjutkan rencana “Menulis buku bersama anak” dalam rangka pembudayaan literasi, untuk melatih kemampuan managemen memimpin sekolah

 

Rencana untuk melanjutkan kegiatan “Menulis buku bersama anak”. Saat ini masih dalam proses. Naskah buku yang sedang disusun adalah buku pantun. Menulis Pantun merupakan salah satu  materi yang dipelajari di kelas 5 SD pada kurikulum 2013. Pantun hasil karya siswa lah yang nantinya akan dibukukan. Berikut adalah salah satu contoh komunikasi dengan siswa yang menyetorkan karyanya:

Gambar    9  KOmunikasi dengan Siswa Melalui WA terkait Pembuatan Pantun

 

Pantun siswa yang sudah disetorakn di beri masukan agar karya siwa dapat ditingkatkan.

Meskipun beberapa siswa sudah menyetorkan pantun hasil karyanya, namun pelaksanaan rencana tersebut kurang lancar. Beberapa siswa belum menyetorkan tugas untuk menyususn pantun, tepat pada waktunya.

 

Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan (kegagalan maupun keberhasilan)

Diantara lima kegiatan dalam rancangan aksi nyata, rencana yang belum terlaksana dengan baik adalah rencana untuk melanjutkan menulis buku bersama siswa. Salah satu hal yang saya prediksi sebagai hambatan adalah motivasi siswa yang rendah untuk terlibat dalam kegiatan. Kemungkinan besar siswa tidak memiliki motivasi intrinsik. Siswa belum menyadari pentinya kemampuan literasi. Karena motivasi tidak berasal dari dalam diri mereka sendiri, saat guru tidak dapat melakukan pengawasan secara langsung karena terkendala masa pandemi, maka keterlibatan siswa rendah. Pelajaran yang saya dapat dari kegegalan tersebut adalah pentignya membangkitkan motivasi intrinsik dari pihak-pihak terkait dalam memimpin suatu kegiatan di sekolah.

 

Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang

Berdasarkan pengalaman melaksanakan aksinyata dan kendala yang dihadapi, beberapa rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang adalah:

1.    Mengusahakan untuk menumbuhkan motivasi intrinsik siswa dan pihak terkait lainnya saat menyelenggarakan suatu program

2.    Membuat kesepakatan kelas agar proses pembelajaran dan kegiatan lain yang akna dilaksanakan berjalan dengan lebih baik.

3.    Menambah informasi dari berbagai sumber untuk meningkatkan kompetensi diri.

 

Dokumentasi proses dan hasil pelaksanaan berupa foto-foto atau video-video singkat berikut caption/narasi singkat nya.

 

Gambar    10  Kegiatan Bimtek GPK


Referensi

Djama’an Satori [et.al.] (2011) Materi Pokok: Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka

Mulyana A.z (2010). Rahasia menjadi Guru Hebat.Jakarta: Grasindo

Syarwani Ahmad dan Zahruddin Hodsay (2020) Profesi Kependidikan dan Keguruan. Yogyakarta: Deepublish

 


Persen, Pengertian dan Cara Merubahnya

Nilai Persen


Kompetensi:

3.1  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda

3.1.1  Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan  yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.

3.1.2. Menentukan hasil operasi hitung pengurangan   yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.


Tujuan Pembelajaran:

Dengan menyaksikan video siswa dapat memahami kaidah operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan persen.

Dengan menyaksikan video siswa dapat menggunakan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan persen dalam menyelesaikan operasi hitung yang melibatkanbilangan persen.


Pernahkah kalian melihat tulisan-tulisan 60%, 10%, atau 50% adalah contoh penulisan bilangan pecahan dalam bentuk persen. Persen adalah cara lain menuliskan pecahan dengan penyebut 100 (perseratusan).


Merubah Pecahan Desimal ke dalam Bentuk Persen dan Sebaliknya

Untuk merubah pecahan decimal ke bentuk persen, bilangan tersebut harus diubah menjadi pecahan biasa yang penyebutnya 100, atau tanda koma dimundurkan 2 Langkah ke kanan.

Contoh:




Merubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen
Untuk merubah pecahan ke bentuk persen, pecahan harus diubah menjadi pecahan senilai yang penyebutnya 100, atau pecahan decimal, baru ditulis dalam bentuk persen.




Merubah Pecahan Campuran ke Bentuk Persen
Untuk merubah pecahan campuran ke bentuk persen, pecahan harus diubah menjadi pecahan biasa, kemudian Kembali diubah menjadi pecahan senilai yang penyebutnya 100, atau pecahan desimal
Contoh:


Mengenal Penggolongan Hewan dan Organ Geraknya

 Kompetensi:

Meteri Kelas V Tema 1 Organ Gerak Manusia dan Hewan

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.



Perhatikan gambar! Gotong royong merupakan tradisi bangsa Indonesia yang mencerminkan nilai Pancasila sila ke 5. Selain membuat pekerjaan yang berat menjadi ringan, dengan bergotong-royong, persatuan dan kesatuan di antara warga masyarakat akan semakin terjalin. Apakah kalian pernah ikut dalam kegiatan gotong royong?

Gotong-royong membangun jembatan kita akan banyak bergerak.  Kamu dapat bergerak berkat beberapa bagian tubuhmu bergotong-royong/ bekerja sama membentuk sistem gerak. Bagaimana tubuh kita bisa bergerak? Kita dapat bergerak berkat kerja sama tulang dan otot.

Bergerak adalah kegiatan berpindah tempat atau berubah posisi baik sebagian atau seluruh tubuh. Bergerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Manusia punya kesamaan dengan hewan dalam bergerak. Manusia dan hewan menggunakan organ gerak untuk bergerak, seperti berlari, berjalan, memanjat, hingga banyak gerakan lain. Kesamaan lainnya antara manusia dan hewan adalah alat gerak yang dibagi menjadi dua, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Tulang disebut sebagai alat gerak pasif karena tulang tidak bisa bergerak sendiri. Sedangkan otot merupakan alat gerak aktif karena otot bisa menggerakkan tulang.


Organ Gerak Hewan

Hewan ada yang memiliki rangka dalam, dan ada yang tidak

Hewan vertebrata

Mengenal  Hewan Vertebrata dan Avertebrata



Ciri Hewan Vertebrata (hewan bertulang belakang)

  • memiliki tulang belakang
  • hewan besar dan bergerak cepat
  • mata tidak majemuk
  • Peredaran darah tertutup
  • Memiliki organ yang kompleks dan sangat spesifik dengan fungsi yang ditentukan


Ciri Hewan Avertebrata (hewan tidak bertulang belakang)

  • Tidak memiliki tulang belakang
  • hewan kecil dan bergerak lambat
  • memiliki mata majemuk
  • Peredaran darah terbuka
  • sistem saraf yang sederhana dan tidak terorganisir


Organ gerak hewan vertebrata



Organ gerak hewan avertebrata:

 Simak Penjelasn lebih menganai organ gerak Hewan dan Manusia dalam video berikut!

Sifat dan Luas Persegi Panjang

 


Gambar yang menarik bukan?

Semua gambar tadi dibuat dari gabungan berbagai bentuk bangun datar lho! Mari kita belajar lebih banyak tentang bangun datar, yakni persegi panjang! 


Kompetensi:

3.8    Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret

3.9    Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret

4.8    Menyelesaikan masalah  luas dan volume dalam satuan tidak baku  dengan menggunakan benda konkret

4.9    Mengidentifikasi simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret


SIFAT PERSEGI PANJANG

  • Persegi panjang memiliki dua  pasang sisi yang sama panjang
  • Sisi-sisi yang sama panjang saling berhadapan dan sejajar
  • Persegi panjang hanya memiliki 2 sumbu simetri
  • Tingkat simetri putar pada persegi panjang adalah 2 (Simetris pada sudut putar 180⁰ dan 360 ⁰) 
  • Keempat sudut persegi panjang besarnya 90° (siku-siku)
  • Jumlah besar keempat sudutnya adalah 360°
  • Rumus Luas Persegi panjang : Luas  =  panjang  x  lebar
  • Rumus Keliling pada persegi  panjang : Keliling  =  ( panjang+lebar ) x 2


Mengapa luas dan keliling persegi panjang dirumuskan demikian? 

Mengapa dikatakan persegi panjang memiliki 2 sumbu simetri dan simetri putarnya tingkat 2?

simaklah penjelasannya pada video berikut!