Percobaan Sederhana untuk Membuktikan Siklus Air

Kita dapat melakukan beberapa percobaan untuk membuktikan peristiwa daur air. Dengan percobaan-percobaan sederhana di bawah ini, pasti mempelajari daur air menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Berikut ini salah satu percobaan seru yang dapat kamu coba. Percobaan ini bisa disebut Percobaan Siklus Air Mini. Percobaan ini dapat menunjukkan kepadamu bagaimana siklus air terjadi di alam.


Percobaan Siklus Air Mini 
Percobaan Siklus Air Mini
Percobaan Siklus Air Mini 

Alat dan Bahan
  1. wadah/nampan yang agak besar memiliki tutup transparan
    wadah pajangan kue mungkin adalah salah satu alat yang cocok, karena biasanya memiliki tutup tranparan atau kamu dapat menggunakan nampan biasa, yang dimasukkan ke dalam kantong plastik tranparan yang cukup besar. Bila kamu menggunakan nampan biasa, kamu akan membutuhkan penyangga agar plastik penutup tidak menempel pada nampan.
  2. mangkuk plastik kecil
  3. sedikit tanah
  4. lumut
  5. air
  6. kerikil 
Langkah-langkah:
  • Ambil wadah plastik bening . Di dasar wadah, sebarkan tanah dan semprotkan air untuk membuatnya lembab. Kemudian letakkkan lumut di atasnya. 
  • Sekarang, ambil mangkuk kecil dan isi setengahnya dengan air dan letakkan di tengah wadah, dan sebarkan beberapa kerikil di sekitar, agar posisi wadah air lebih stabil.
  • Sekarang, kamu telah menciptakan lingkungan seperti Bumi. Tutup wadah dengan hati-hati, dan tinggalkan wadah di bawah sinar matahari. 
  • Tak lama kemudian, kamu akan dapat mengamati siklus air mini.
  • Air dari tanah, lumut, dan mangkuk akan menguap karena panas matahari, mengembun di atas atap wadah, dan setelah tetesan menjadi besar, mereka akan jatuh kembali. 
Menyenangkan, bukan?