Bagaimana Tumbuhan Mendapatkan Makanannya

 Apa yang Kamu lakukan saat lapar?

Kamu mungkin akan meminta sesuatu untuk dimakan pada ibumu, bukan? Atau Kamu bisa pergi ke dapur dan menyiapkan sesuatu untuk dimakan.

Nah, tanaman menjadi lapar juga seperti kita. Tetapi karena tanaman tidak memiliki ibu (atau dapur), mereka harus membuat makanan sendiri. Saat tumbuhan membuat makanannya sendiri, itu disebut fotosintesis. 

Fotosintesis itu apa sih? 

Fotosintesis artinya cahaya (foto) digunakan untuk membuat sesuatu (sintesis). Hhmmm… coba tebak bagaimana tumbuhan membuat makanannya?

Jika Anda menebak matahari, Anda benar! Begini cara kerjanya…


Pentingnya Sinar Matahari

Semua tumbuhan memiliki bahan kimia di daunnya yang disebut klorofil. Klorofil inilah yang membuat daun tanaman menjadi hijau. Tapi itu bukan satu-satunya fungsi yang dimiliki klorofil. Fungsi lainnya adalah menyerap kehangatan dan energi dari sinar matahari. 

Energi matahari sangat penting, namun energi matahari bukanlah semua yang dibutuhkan tumbuhan untuk membuat makanannya. Mereka juga membutuhkan air dan udara.


Tumbuhan Minum? 

Sementara daun mengumpulkan energi dari matahari, mereka juga menyerap air melalui akar tanaman. Air masuk ke akar melalui sel tumbuhan yang disebut xilem. Air, yang ada di dalam tanah, mengalir melalui akar, ke batang dan ke daun… seperti sedotan besar. 


Tumbuhan Bernapas?

Tumbuhan harus bernapas seperti kita. Perbedaan antara tumbuhan dan manusia adalah apa yang kita butuhkan untuk bernafas. Coba ambil napas dalam-dalam dan tahan. Anda menghirup oksigen.

Sekarang keluarkan. Udara yang Anda keluarkan adalah karbon dioksida.

Tumbuhan melakukan hal yang sama, kecuali ketika mereka menarik napas dalam-dalam, mereka menghirup karbon dioksida dan ketika mereka mengeluarkannya, itu adalah oksigen.

Tumbuhan mengambil dan mengeluarkan udara melalui stomata. Gas yang dibutuhkan tumuhan untuk fotosintesis adalah Carbondiokasida (CO2), gas yang dibuang berupa Oksigen (O2). Bagaimana jika kedua jenis gas tersebut tertukar? 

Tenang!!! tumbuhan sangat pintar dan memiliki struktur khusus yang disebut stomata yang tidak akan membiarkan karbon dioksida melewati lapisan lilin pelindung yang menutupi daun (kutikula).


Bagaimana tumbuhan bernafas?

Anda telah mempelajari bahwa energi matahari memasuki daun melalui klorofil di daun. Daun tanaman juga memiliki ratusan ribu lubang kecil di dalamnya yang disebut stoma.

Stoma sangat kecil sehingga kamu harus memiliki mikroskop untuk melihatnya, tetapi stoma tersebut cukup besar untuk menghirup karbon dioksida yang dibutuhkan tumbuhan untuk membuat makanannya.

Tumbuhan menyerap karbon dioksida melalui daunnya pada saat yang sama menyerap energi dari matahari dan minum air.

Wow! Saya yakin kamu tidak pernah menyadari betapa sibuk atau pentingnya daun tanaman, bukan?

Setelah daun tanaman mengumpulkan cukup karbon dioksida, air, dan energi matahari, mereka siap untuk membuat makanan bagi seluruh tanaman.


Waktu makan!

Ketika karbon dioksida, air dan energi dari matahari digabungkan, matahari mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa (gula).

Tanaman menggunakan glukosa sebagai makanan dan mengambil molekul hidrogen dari air agar tidak kering dan layu.

Glukosa memberi energi pada tumbuhan.

Mereka menggunakan energi ini untuk membuat lebih banyak daun, bunga, buah atau sayuran dan biji-bijian yang dapat tumbuh menjadi tanaman baru.

Glukosa juga memberi tanaman energi yang dibutuhkan untuk tumbuh lebih tinggi dan lebih penuh dan membuat dinding sel tanaman.

Kita tahu mengapa penting bagi bunga untuk membuat daun, bunga, buah, sayuran, dan biji baru, tetapi mengapa dinding sel tanaman begitu penting?


Perlu Kamu ingat!

Dinding sel tumbuhan memiliki dua tugas utama: Mengelilingi sel tumbuhan yang sebenarnya.

Setiap makhluk hidup terdiri dari sel dan setiap sel tumbuhan memiliki dinding sel.

Dinding sel tumbuhan berada di dekat permukaan atau di luar tumbuhan — bagian yang kita lihat.

Karena letaknya sangat dekat dengan bagian luar tanaman, dinding sel tanaman: Membantu menjaga serangga, serangga, dan penyakit menyerang tanaman Membantu menjaga tanaman tetap tegak dan tinggi.



Ketika tumbuhan menggabungkan air, karbon dioksida, dan energi matahari untuk membuat glukosa selalu ada yang tersisa.

Ini disebut oksigen — oksigen yang sama yang kita butuhkan untuk bernapas. Karena tanaman tidak membutuhkannya, mereka membuangnya. 

Saat tumbuhan menghilangkan oksigen yang tidak mereka butuhkan, itu disebut respirasi.

Tumbuhan menghilangkan oksigen melalui daun, batang dan bunganya, buah-buahan atau sayurannya.

Dan ketika mereka melakukannya, kita bisa mendapatkan oksigen yang kita butuhkan.

Terima kasih, tanaman ~


Fakta tentang Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses kimia terpenting di dunia. Tanpanya tumbuhan dan manusia tidak mungkin ada, daun tumbuhan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya, sebagian besar proses fotosintesis berlangsung di daun tumbuhan, daun tumbuhan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya, sebagian besar proses fotosintesis berlangsung di daun tanaman.

Daun tumbuhan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Sebagian besar proses fotosintesis berlangsung di daun tumbuhan.


Yuk simak video berikut untuk menambah pemahamanmu, tentang pentingnya tumbuhan!



Setelah membaca penjelasan dan menonton video di atas, kapan kamu akan mulai menanam tumbuhan di lingkunganmu?


0 Comments: