Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Tumbuhan Karnivora

Kata karnivora berarti membutuhkan daging (dari hewan) untuk kelangsungan hidup. Jadi itu artinya tumbuhan karnivora adalah tumbuhan yang memakan serangga bahkan hewan kecil seperti katak. Apa! Apakah benar ada tumbuhan yang memakan?

Ya, ada. Faktanya, ada 630 jenis tumbuhan karnivora di seluruh dunia. Beberapa tanaman karnivora adalah tanaman air (mereka hidup di air) dan beberapa hidup di tanah seperti kebanyakan tanaman lain.

Sekarang Anda mungkin ingin tahu bagaimana tumbuhan karnivora menangkap serangga yang perlu dimakannya karena tumbuhan tidak memiliki lengan dan kaki serta tidak dapat berjalan. Sebenarnya ada lima cara tumbuhan karnivora dapat menangkap mangsanya (makanan). Mari pelajari lebih banyak!


Kantung Semar

Tumbuhan Karnivora

Beberapa tanaman karnivora memiliki daun licin yang berbentuk seperti corong dan miring ke bawah ke arah bawah tanaman. Ketika serangga hinggap di daun tanaman ini, mereka terpeleset dan meluncur jatuh ke dalam kantung daun, ke dalam 'kumpulan' enzim pencernaan yang ada di sana. 

CATATAN: enzim pencernaan adalah cairan yang membantu mencerna makanan. 


Papertrap

Kamu mungkin pernah mendengar tentang Penangkap Lalat Venus (Venus Flytrap). Venus Flytrap adalah tanaman karnivora paling populer atau terkenal, tapi itu bukan satu-satunya yang menangkap mangsanya dengan cara memerangkap mereka di daunnya. Tanaman carnivora jenis paper trap seperti Pinguicula conzattii memiliki zat lengket pada permukaan daunnya yang akan membuat serangga tidak bisa kabur, ketika serangga hinggap di tanaman karnivora seperti ini.

Pinguicula conzattii

Gambar di atas menunjukkan  Pinguicula conzatti. Tanaman lain seperti jenis Drosera, lebih dramatis dalam menangkap mangsanya. Simak saja dalam video berikut:


Snap Traps 

Snap traps adalah jenis tanaman karnivora dengan jebakan kancing menangkap makanan mereka dengan menjebak serangga di dalam daunnya sehingga mereka tidak dapat melarikan diri. Begini cara kerjanya: saat serangga hinggap di daun tanaman ini, duri berbulu menutup hampir seketika. Serangga kemudian jatuh di daun tempat mereka dicerna.

Bagaimana Tumbuhan Karnivora menangkap mangsanya? Perhatikan video berikut!



Bladder traps 

Bladder traps adalah jenis tumbuhan karnivora dengan perangkap kandung kemih hidup di air. Mereka menghisap serangga dan hewan kecil lainnya keluar dari air (seperti penyedot debu) dan masuk ke dalam kandung kemih sehingga bisa dicerna.

Video di atas menunjukkan bagaimana Venus Flytrap dan kantung semar memerangkap mangsanya. Untuk mengetahui bagaimana tumbuhan karnivora jenis bladder trap menangkap mangsa, simak video berikut:


Lobster traps

Perangkap lobster dalah jenis tanaman karnivora dengan perangkap lobster menggunakan rambut-rambut kecil yang semuanya mengarah ke arah yang sama untuk memaksa serangga berjalan menuju kumpulan enzim pencernaan di bagian bawah daun tanaman.


Genlisea salah satu jenis tanaman karnovora jenis lobster trap

Perangkap lobster adalah ruang yang mudah dimasuki, dan pintu keluarnya sulit ditemukan atau terhalang oleh bulu yang mengarah ke dalam. Pot lobster adalah mekanisme perangkap di Genlisea. Tumbuhan ini tampaknya mengkhususkan diri pada protozoa air. Daun yang dimodifikasi berbentuk Y memungkinkan mangsa masuk tetapi tidak bisa keluar. Bulu-bulu yang mengarah ke dalam memaksa mangsanya bergerak ke arah tertentu. Mangsa yang memasuki pintu masuk spiral yang melingkar di sekitar dua lengan atas Y dipaksa untuk bergerak secara tak terelakkan menuju perut di lengan bawah Y, tempat mereka dicerna. Pergerakan mangsa juga diperkirakan didorong oleh pergerakan air melalui perangkap, yang dihasilkan dengan cara yang mirip dengan ruang hampa di perangkap kandung kemih, dan mungkin terkait secara evolusioner dengannya.


Mengapa Tumbuhan Karnivora Mengkonsumsi Binatang?

Tanaman karnivora membutuhkan lebih dari sekedar serangga atau katak untuk bertahan hidup. Seperti semua tumbuhan lain, tumbuhan karnivora bergantung pada fotosintesis untuk sebagian makanannya (gula) dan juga karbon dioksida.

Jadi, mengapa makan serangga? Jika mereka mendapatkan makanan melalui fotosintesis, mengapa mereka membutuhkan serangga atau katak untuk dimakan? Tumbuhan karnivora mendapatkan nitrogen, fosfor, dan kalsium dari makanan unik mereka. Tanaman lain mendapatkan hal ini dari tanah.




Sumber: 
https://www.scienceforkidsclub.com/carnivorous-plants.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Carnivorous_plant

0 Comments: