8 Fakta Menarik yang Berkaitan dengan Siklus Air

8 Fakta Menarik yang Berkaitan dengan Siklus Air
8 Fakta Menarik yang Berkaitan dengan Siklus Air

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang siklus air, yang perlu kamu ketahui.
  1. Pelangi adalah fenomena jangka pendek, yang terjadi ketika sinar matahari memantulkan turunnya hujan di udara dan menyebarkan warna! Siklus air adalah proses yang dapat dibalik, yang berarti Anda dapat mengubah air menjadi uap, dan mengembun uap ini untuk membentuk air.
  2. Tahukah Anda bahwa air beku atau es lebih ringan daripada air? Karenanya, es cenderung mengapung di air. Pikirkan ini ketika Anda memasukkan es batu ke dalam air sirup.
  3. Terkadang air yang terkumpul ini, turun ke permukaan bumi dalam bentuk salju, hujan es, atau salju yang mencair sebagian yang disebut hujan es. Sebuah studi menunjukkan bahwa akibat pemanasan global, siklus air telah terpengaruh. Ini telah menyebabkan tempat-tempat basah menjadi lebih basah, dan tempat-tempat kering bahkan lebih banyak pengering.
  4. Tetesan embun yang terlihat pada daun sebenarnya adalah kelembaban di udara yang terkondensasi di udara karena suhu rendah pada malam hari!
  5. Jarang, hujan asam dapat diamati karena pencemaran lingkungan. Tahukah Anda bahwa 97% air di Bumi adalah air asin yang ditemukan di lautan?
  6. Hanya 3% dari air Bumi adalah air tawar, dan 2% dari air ditemukan di gletser dan lapisan es, yang hanya menyisakan 1% untuk hewan darat dan manusia untuk digunakan.
  7. Air asin tersedia berlimpah, tetapi tidak cocok untuk diminum manusia. Meskipun garamnya bisa dihilangkan dari air laut, harganya sangat mahal.
  8. Jadi, hanya 1% air tawar yang tersedia untuk digunakan sangat berharga, yang membuat siklus air diperlukan untuk tanaman, hewan, dan kehidupan manusia. Karena itu, kita semua harus berusaha menghemat air.
Referensi:
https://sciencestruck.com/water-cycle-for-kids

0 Comments: