Jenis Paragraf

Jenis Paragraf
Jenis Paragraf

Paragraf adalah gabungan beberapa kalimat. Tidak semua gabungan kalimat bisa disebut sebagi sebuah paragraf. kalimat-kalimat yang acak tidak dapat disebut paragraf. Hanya kalimat-kalimat yang disusun secara padu. Jadi kalimat-kalimat dalam satu paragraf harus saling berhubungan dan memiliki satu ide atau gagasan yang sama.
Gagasan utama atau ide pokok dalam setiap paragraf hanya ada satu. Kalimat dalam paragraf yang mengandung ide pokok disebut kalimat utama. Kalimat utama daat terletak di bagian awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf. Kalimat lain yang bukan merupakan kalimat utama, disebut kalimat penjelas atau kalimat pengembang. Kalimat penjelas berfungsi menjelaskan kalimat utama. 
Sebuah paragraf tersusun atas kalimat-kalimat. Ada kalimat dalam paragraf yang merupakan kalimat utama. Kalimat lain dalam paragraf disebut kalimat penjelas atau kalimat pengembang. Kalimat utama merupakan kalimat yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat yang menjelaskan kalimat utama.
Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dibedakan menjadi paragraf deduktif, paragraf induktif dan paragraf campuran. Paragraf deduktif ialah paragraf yang kalimat utamaya terletak di bagian awal. Paragraf Induktif ialah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Paragraf campuran adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir.

Contoh paragraf deduktif adalah sebagi berikut:
Air mempunyai peranan yang sangat penting, baik bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan. Bagi manusia air dimanfaatkan sebagai air minum, untuk mandi dan membersihkan diri, memasak, mencuci, sebagai pembangkit tenaga listrik, sarana transportasi juga olah raga. Bagi hewan, air juga sangat penting. Tanpa air minum, dalam beberapa hari saja hewan akan mati. Hal yang sama juga berlaku pada tumbuhan.
 Contoh paragraf induktif adalah sebagai berikut:
Setiap hari kita membutuhkan setidaknya 8 gelas air minum. Untuk sikat gigi dan mandi, kita juga membutuhkan air. Kita juga membutuhkan air untuk mencuci dan memasak. Selain itu, kita juga membutuhkan air untuk bercocok tanam dan berbagai keperluan lain. Memang air sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia.
Contoh paragraf campuran adalah sebagai berikut:
Air sangat penting bagi kehidupan manusia. Banyak sekali aktivitas sehari-hari kita yang membutuhkan air. Mulai dari minum, memasak, mandi, menyikat gigi, mencuci baju, dan sebagainya. Banyaknya aktivitas manusia yang memerlukan air, membuktikan betapa pentingnya peranan dalam kehidupan manusia. 



0 Comments: