![]() |
Mindset Tumbuh vs Minset Tetap |
Tujuan pembelajaran
Siswa akan menonton video, berpartisipasi
dalam diskusi, dan menyelesaikan kegiatan agar dapat mendefinisikan dan
mempraktikkan mindset tumbuh.
Langkah Pembelajaran (20 menit)
- Satukan kelas dalam lingkaran, baik berdiri atau duduk.
- Jelaskan bahwa hari ini, kita akan melihat cara-cara kita menghadapi tantangan dan akan memulai kelas dengan suatu kegiatan.
- Beri semua siswa tali yang diikat menjadi simpul.
- Beri tahu mereka bahwa tujuan mereka adalah melepaskan setiap simpul dari tali dalam dua menit.
- Mintalah siswa untuk memulai, dan mengatur penghitung waktu.
- Opsional: Putar lagu "Eye of the Tiger" oleh Survivor.
- Sewaktu siswa berusaha melepaskan ikatan, mintalah mereka untuk memperhatikan pikiran dan pola pikir mereka. Apakah mereka berpikir "Saya tidak bisa melakukan ini" atau "Ini mudah"?
- Beri tahu mereka saat mereka memiliki sisa 20 detik.
- Matikan musik setelah dua menit berlalu, dan beri tahu kelas untuk berhenti saat itu juga.
- Minta mereka untuk memperhatikan apakah mereka merasa kecewa, atau jika mereka memiliki pemikiran yang mengecewakan karena mereka belum menyelesaikannya. Atau apakah mereka merasa bangga karena berhasil menyelesaikan tugas?
- Jelaskan bahwa hari ini mereka akan mempelajari dan mendiskusikan "mindset berkembang".
- Mintalah mereka untuk mengangkat tangan jika mereka pernah mendengar istilah "mindset berkembang" sebelumnya.
- Tulislah "Pola Pikir Pertumbuhan" di papan tulis.
- Tanyakan kepada siswa menurut mereka apa arti kata tersebut.
- Selanjutnya, tulislah "Pola Pikir Tetap" di papan tulis, dan tanyakan kepada anggota kelas apakah mereka pernah mendengar istilah ini sebelumnya.
- Tanyakan kepada mereka apa yang menurut mereka berarti "mindset tetap".
- Putar video "Mindset Pertumbuhan vs. Pola Pikir Tetap".
- Saat mereka menonton video, mintalah siswa untuk membuat catatan yang menjelaskan setiap pola pikir.
- Setelah video, mintalah setiap orang untuk maju ke papan tulis dan menulis setidaknya satu hal yang mereka pelajari tentang masing-masing pola pikir (di bawah tempat Anda sebelumnya menulis "Pola Pikir Pertumbuhan" dan "Pola Pikir Tetap").
- Mintalah sukarelawan siswa untuk maju dan memberi pendapat tentang apa yang kelas tulis di papan tulis.
- Bagikan dan tulis definisi mindset berkembang berikut ini: Ketika seseorang yakin mereka dapat berkembang dan belajar dengan kerja keras dan dedikasi, dan mereka melihat kegagalan sebagai kesempatan belajar.