Contoh Kegiatan Pembelajaran Sosial Emosional: Mindset Tumbuh vs Minset Tetap

Mindset Tumbuh vs Minset Tetap
Mindset Tumbuh vs Minset Tetap


Pembelajarn Sosial Emosional dapat dilaksanakan sebagai kegiatan rutin, terintegrasi dalam pembelajaran, maupun sebagai protokol di sekolah. Berikut ini adalah salah satu contoh penerapan pembelajaran sosial emosional sebagai kegiatan rutin atau pembiasaan


Tujuan pembelajaran

Siswa akan menonton video, berpartisipasi dalam diskusi, dan menyelesaikan kegiatan agar dapat mendefinisikan dan mempraktikkan mindset tumbuh.

 

Langkah Pembelajaran (20 menit)

  • Satukan kelas dalam lingkaran, baik berdiri atau duduk.
  • Jelaskan bahwa hari ini, kita akan melihat cara-cara kita menghadapi tantangan dan akan memulai kelas dengan suatu kegiatan.
  • Beri semua siswa tali yang diikat menjadi simpul.
  • Beri tahu mereka bahwa tujuan mereka adalah melepaskan setiap simpul dari tali dalam dua menit.
  • Mintalah siswa untuk memulai, dan mengatur penghitung waktu.
  • Opsional: Putar lagu "Eye of the Tiger" oleh Survivor.
  • Sewaktu siswa berusaha melepaskan ikatan, mintalah mereka untuk memperhatikan pikiran dan pola pikir mereka. Apakah mereka berpikir "Saya tidak bisa melakukan ini" atau "Ini mudah"?
  • Beri tahu mereka saat mereka memiliki sisa 20 detik.
  • Matikan musik setelah dua menit berlalu, dan beri tahu kelas untuk berhenti saat itu juga.
  • Minta mereka untuk memperhatikan apakah mereka merasa kecewa, atau jika mereka memiliki pemikiran yang mengecewakan karena mereka belum menyelesaikannya. Atau apakah mereka merasa bangga karena berhasil menyelesaikan tugas?
  • Jelaskan bahwa hari ini mereka akan mempelajari dan mendiskusikan "mindset berkembang".
  • Mintalah mereka untuk mengangkat tangan jika mereka pernah mendengar istilah "mindset berkembang" sebelumnya.
  • Tulislah "Pola Pikir Pertumbuhan" di papan tulis.
  • Tanyakan kepada siswa menurut mereka apa arti kata tersebut.
  • Selanjutnya, tulislah "Pola Pikir Tetap" di papan tulis, dan tanyakan kepada anggota kelas apakah mereka pernah mendengar istilah ini sebelumnya.
  • Tanyakan kepada mereka apa yang menurut mereka berarti "mindset tetap".
  • Putar video "Mindset Pertumbuhan vs. Pola Pikir Tetap".
  • Saat mereka menonton video, mintalah siswa untuk membuat catatan yang menjelaskan setiap pola pikir.
  • Setelah video, mintalah setiap orang untuk maju ke papan tulis dan menulis setidaknya satu hal yang mereka pelajari tentang masing-masing pola pikir (di bawah tempat Anda sebelumnya menulis "Pola Pikir Pertumbuhan" dan "Pola Pikir Tetap").
  • Mintalah sukarelawan siswa untuk maju dan memberi pendapat tentang apa yang kelas tulis di papan tulis.
  • Bagikan dan tulis definisi mindset berkembang berikut ini: Ketika seseorang yakin mereka dapat berkembang dan belajar dengan kerja keras dan dedikasi, dan mereka melihat kegagalan sebagai kesempatan belajar.

Rencana Pembelajaran Lengkapnya adalah sebagai berikut:




Video Mindset Tetap vs Mindset Tumbuh dalam bahasa Indonesia:




Sumber: https://www.education.com/lesson-plan/growth-mindset/



0 Comments: