Mengenal Bioma Sabana

Mengenal Bioma Sabana
Mengenal Bioma Sabana

Kata sabana berasal dari kata bahasa Panama untuk padang rumput atau dataran. Sabana ditutupi dengan rerumputan yang tinggi. Di beberapa bagian sabana mungkin terdapat semak-semak dan pepohonan, tetapi tidak lebih dominan dari rerumputan yang tumbuh. Singkatnya, sabana bisa adalah padang rumput, yang masih terdapat semak yang cukup tinggi dan pepohonan. Sabana banyak terdapat di daerah tropis seperti di Afrika, Indonesia, dan Australia Utara. 

Semua tanaman dan pohon sabana adalah jenis tumbuhan yang dapat bertahan hidup dalam masa kekeringan. Sebagian besar sabana mendapatkan cukup hujan untuk menopang hutan, tetapi hutan tidak pernah terbentuk karena ada sesuatu yang menghalangi pertumbuhan pohon. Penyebabnya bisa berupa hewan yang menghabiskan rumput dan merobohkan pohon (seperti gajah di Afrika), atau kebakaran yang membunuh sebagian besar jenis pohon. Sebagai gantinya ada banyak rerumputan dan tanaman lain yang bisa tumbuh kembali dari akarnya.


Sabana Afrika

Sabana di Afrika adalah sabana yang paling terkenal. Beberapa herbivora yang ditemukan di sabana Afrika adalah antelop, impala, rusa, kerbau, wildebeests, zebra, badak, jerapah, gajah, dan babi hutan. Ada juga sejumlah besar karnivora, termasuk jenis kucing besar (singa, macan tutul, cheetah, servals), anjing (serigala, anjing liar), dan hyena. Vegetasi di Afrika Timur juga kaya dengan rerumputan dan beberapa pohon bertebaran, kebanyakan pohon akasia. Musim kemarau sekaligus musim dingin, berlangsung dari bulan Desember sampai Februari. Selama masa tersebut mungkin tidak hujan sama sekali. Tapi di musim panas sering turun hujan.


Sabana di Amerika Utara

Di Amerika Utara, kata sabana juga digunakan untuk menggambarkan padang rumput berumput tinggi yang memiliki pepohonan berserakan, biasanya pohon ek. Daerah sabana Amerika Utara termasuk daerah dengan iklim sedang (lebih dingin dari pada tropis). Sabana Amerika Utara juga disebut sabana ek karena pohon ek adalah pohon utamanya. Sabana ek ditemukan di California dan Oregon di pantai barat. Di barat daya ditemukan di Arizona, New Mexico, dan Meksiko utara. Di midwest ditemukan sabana dengan rerumputan tinggi. Seringkali hutan atau sabana berada di sebelah timur sungai. Sungai tersebut cukup membantu dalam menghentikan api jika terjadi kebakaran hutan, sehingga pepohonan dapat bertahan. Pohon ek besar akan selamat dari kebakaran.


Sabana di Amerika Selatan

Cerrado Brasil adalah salah satu contoh hutan terbuka di Amerika Selatan. Ada banyak jenis tumbuhan dan hewan di sana, banyak yang tidak ada di tempat lain di bumi. Llano di lembah Orinoco di Venezuela dan Kolombia adalah sabana rumput yang beberapa bagiannya kebanjiran setiap tahun.


Sabana di Australia

Australia Utara juga memiliki sabana. Pohon kayu putih adalah pohon utama di sabana Australia. Ada banyak kanguru di sana.


Sabana di Indonesia

Di Indonesia juga terdapat Sabana, seperti di daerah Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Tanjung Ringgit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sembalun, Gunung Rinjani, Baluran, Jawa Timur, Gunung Bromo, Jawa Timur, dan di Cidaon, Taman Nasional Ujung Kulon. Wilayah sabana terluas di Indonesia adalah di wilayah timur seperti provinsi NTT dan NTB. Di Indonesia beberapa sabana menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena pemandangannya yang indah.

Berikut ini adalah video yang menggambarkan keindahan alam tanah Sumba, termasuk sabananya.


Manfaat Sabana

Keberadaan sabana mendatangkan beberapa keuntungan bagi kehidupan. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh adalah:

  • Menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna yang harus dilestarikan;
  • Mencegah erosi dan tanah longsor;
  • Sebagai tempat peresapan cadangan air tanah;
  • Sumber makanan untuk berbagai binatang, sehingga cocok dijadikan daerah peternakan;
  • Menjaga keseimbangan alam;
  • Menjadi daerah kunjungan wisata;
  • Menjadi objek penelitian.


Referensi:

  • https://kids.kiddle.co/Savanna#:~:text=The%20word%20savanna%20comes%20from,grassland%2C%20such%20as%20in%20Africa.
  • https://phinemo.com/padang-sabana-di-indonesia/
  • https://adalah.co.id/sabana/

0 Comments: