Temperatur dan Pengukurannya

Thermometer badan


Apa itu temperatur? 

Suhu bisa menjadi hal yang sulit untuk ditentukan. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita menggunakan kata suhu untuk menggambarkan panas atau dinginnya suatu benda. Dalam fisika, suhu adalah energi kinetik rata-rata partikel yang bergerak dalam suatu zat. 


Bagaimana suhu diukur? 

Suhu dapat diukur menggunakan termometer. Ada berbagai skala dan satuan untuk mengukur suhu termasuk Celcius, Fahrenheit, dan Kelvin, yang akan dibahas lebih rinci di bawah ini. 


Bagaimana cara kerja termometer? 

Termometer memanfaatkan sifat ilmiah yang disebut pemuaian atau ekspansi termal. Sebagian besar zat akan mengembang dan bertambah volume saat suhunya semakin panas. Termometer cair memiliki sejenis zat (dulunya merkuri, tetapi sekarang umumnya adalah alkohol) yang dibungkus dalam tabung kaca kecil.

Saat suhu naik, cairan dalam thermometer akan mengembang dan mengisi lebih banyak tabung. Ketika suhu turun, cairan menyusust kembali dan mengisi lebih sedikit ruang dari tabung. Suhu kemudian dapat dibaca oleh garis dan skala di samping tabung. 



Satuan Suhu 

Ada tiga skala suhu utama yang digunakan saat ini, yakni: Celcius, Fahrenheit, dan Kelvin. 

  • Celsius - Celcius adalah satuan suhu paling umum di dunia adalah Celsius. Celsius menggunakan satuan "derajat" dan disingkat ° C. Skala tersebut menetapkan titik beku air pada 0 ° C dan titik didih air pada 100 ° C. 
  • Fahrenheit - Skala suhu yang paling umum di Amerika Serikat adalah skala Fahrenheit. Fahrenheit menetapkan titik beku air pada 32 ° F dan titik didih pada 212 ° F. 
  • Kelvin - Satuan standar suhu yang paling banyak digunakan oleh para ilmuwan adalah Kelvin. Kelvin tidak menggunakan simbol ° seperti dua skala lainnya. Saat menulis suhu dalam Kelvin Anda cukup menggunakan huruf K. Kelvin menggunakan nol mutlak sebagai titik 0 skalanya. Ini memiliki kenaikan yang sama dengan Celcius yaitu ada 100 kenaikan antara titik beku dan titik didih air. 


Mengonversi Antar Skala 

Celsius dan Fahrenheit

Rumus untuk merubah/ mengkonversi satuan suhu dari Celcius menjadi Fahrenheit atau sebaliknya adalah sebagai berikut:

°C = (°F - 32)/1.8

°F = 1.8 * °C + 32°


Contoh:

JIka kamu ingin mengkonversi satuan suku dari 5°C menjadi Fahrenheit, maka rumus yang kamu gunakan adalah "°F = 1.8 * °C + 32°" sehingga hitungannya adalah sebagi berikut:

°F = 1.8 * °C + 32°

    = 1.8 x 5 + 32°

    = 9 + 32°

    = 41°

Jadi, 5°F = 41°C 


Celsius dan Kelvin

Rumus untuk merubah/ mengkonversi satuan suhu dari Celcius menjadi Kelvin atau sebaliknya adalah sebagai berikut:

K = °C + 273.15

°C = K - 273.15°

Contoh:

50°C = ... K

untuk menyelesaikan soal di atas, kamu tinggal menggunala runus "K = °C + 273.15", maka hitunganya adalah:

K = °C + 273.15

    = 50 + 273.15

    = 323.15 K

Jadi, 50°C = 323.15 K


0 Comments: