25 Inspirasi Aktivitas Pembelajaran Sosial Emosional-Part 3

Pada artikel sebelumnya, 25 Inspirasi Aktivitas Pembelajaran Sosial Emosional-Part 1 dan 25 Inspirasi Aktivitas Pembelajaran Sosial Emosional-Part 2 telah dibahas 10 aktivitas pembelajaran sosial emosional beserta ketampilan SEL yang terkait. kali ini saya akan memaparkan 5 aktivitas lain yang mungkin dapat menjadi insprirasi bagi Anda.


11. Sudut Ketenangan

Keterampilan SEL: Kesadaran diri, manajemen diri

Bahan: Aneka gelisah, perabot dan barang lainnya sesuai kebutuhan

Menjadi anak, bahkan pada usia taman kanak-kanak bisa menimbulkan stres - mereka menghadapi pengalaman baru, teman baru, dan lingkungan yang asing. Ciptakan sudut yang tenang untuk membantu siswa menghadapi emosi yang sulit. Sudut ketenangan dapat terlihat berbeda di setiap kelas. Sebagai inspirasi, beberapa hal yang mungkin bisa ditambahkan pada "Sudut Ketenangan" misalnya: Buku, Fidgets (Mainan yang membantu mengatasi stres, seperti slime, squisy, rubiks, dsb), Tempat duduk fleksibel (misalnya arpet, stool, dsb), Stoples penenang, dsb.

Stoples penenang


Arahkan siswa ke sudut ketenangan ketika mereka membutuhkan waktu tenang sendirian, dan dorong siswa untuk memperhatikan emosi mereka sendiri dan menggunakan sumber daya mereka sendiri.


12. Dorong pembicaraan diri yang positif

Ucapan positif


Keterampilan SEL: Kesadaran diri, pengaturan diri

Bahan: Hanya sikap positif!

Familier kah Anda dengan ungkapan-ungkapan berikut?

"Ini terlalu sulit."

“Kurasa ini cukup bagus, tidak perlu susah-susah .” 

"Semua orang lebih baik dalam hal ini daripada aku!"

Sebagai seorang guru, Anda memiliki kesempatan dan peran penting untuk membangun siswa dan memengaruhi cara mereka berpikir tentang diri mereka sendiri. Koreksi siswa dengan lembut ketika Anda mendengar self-talk negatif sepanjang hari, dan gunakan itu sebagai kesempatan untuk menyarankan pemikiran yang baik, seperti:

"Saya akan bekerja keras dan melakukan ini dengan benar."

“Saya bisa melakukan lebih baik.”

“Bagaimana teman sekelas saya memecahkan masalah ini?”

Terapkan ini untuk diri Anda sendiri, juga - jika Anda membuat kesalahan, jangan mencaci diri sendiri. Gunakan itu sebagai kesempatan untuk mendemonstrasikan pembicaraan diri yang positif dan coba lagi.


13. Bingo Minat



Contoh kartu Bingo >DOWNLOAD DISINI

Keterampilan SEL: Keterampilan hubungan

Bahan: Kartu Bingo dengan deskripsi

Bangun koneksi antar siswa dengan permainan bingo yang menyenangkan! Bagikan kartu kepada siswa dan minta mereka untuk menemukan teman sekelas yang cocok dengan deskripsi di setiap kotak.

Gunakan kartu bingo seperti pada contoh di atas untuk menyesuaikan set kartu bingo Anda dengan deskripsi seperti:

  • Bermain sepakbola
  • Suka bayam
  • Memiliki dua atau lebih saudara kandung
  • Lebih menyukai kucing daripada anjing
  • Berbicara lebih dari satu bahasa
  • Lebih suka pancake dari pada wafel
  • Rasa es krim favoritnya adalah coklat

Dan apa pun yang dapat Anda pikirkan! Tidak hanya memperkenalkan siswa pada berbagai latar belakang dan pengalaman, ini juga merupakan pengalaman di sekolah yang luar biasa.


14. Lakukan tindakan kebaikan secara acak

Keterampilan SEL: Keterampilan hubungan, kesadaran sosial
Bahan: Daftar  ide tindakan kebaikan acak!

Promosikan tindakan kebaikan secara acak di kelas Anda untuk membangun budaya sekolah yang positif dan membantu siswa mengembangkan empati.

Beberapa ide yang dapat Anda pertimbangkan adalah:
  • Bicaralah dengan teman sekelas yang terlihat kesepian
  • Pinjamkan buku atau film favorit Anda kepada teman
  • Tulis catatan terima kasih untuk petugas kebersihan sekolah
  • Buka pintu untuk orang di belakang Anda
  • Sumbangkan handuk dan selimut tua ke penampungan hewan setempat
  • Siswa akan mempelajari nilai bersikap baik kepada orang lain dan membangun hubungan di dalam dan di luar kelas!

15. Menulis cerita bersama

Keterampilan SEL: Keterampilan hubungan, kesadaran sosial
Bahan: Kartu dengan petunjuk tertulis atau visual

Bagikan kartu petunjuk dengan berisi teks atau gambar. Mulailah cerita dengan "Pada suatu ketika", lalu lanjutkan ke siswa berikutnya. Siswa harus menggunakan petunjuk pada kartu dan keterampilan kesadaran sosial mereka untuk bekerja sama dan membangun cerita yang menarik.

Dokumentasikan cerita yang dihasilkan siswa! Setelah itu, ajukan pertanyaan seperti
  • Bagaimana perasaan Anda dari cerita itu?
  • Apa bagian cerita yang paling membahagiakan?
  • Apa bagian cerita yang paling menyedihkan?
Itu tadi 5 ide tambahan untuk pembelajaran Sosial Emosional di kelas Anda

Artikel terkait:

Sumber :https://www.prodigygame.com/main-en/blog/social-emotional-learning-activities/

0 Comments: