25 Inspirasi Aktivitas Pembelajaran Sosial Emosional-Part 1

Kompetensi inti Ketrampilan Sosial Emosional (KSE) dapat diajarkan dengan banyak cara dan lintas pengaturan. Pengajaran SEL sering berfokus pada kecerdasan emosional anak-anak. Tujuan utamanya adalah mengajari anak-anak untuk memahami dan menghargai diri sendiri dan orang lain. Ini secara alami mengarah pada perilaku yang lebih positif yang mendorong penerimaan sosial dan persahabatan. Keterampilan tersebut bersama-sama sering disebut sebagai perilaku prososial.

Anda dapat menggunakan instruksi eksplisit untuk menguraikan tujuan pembelajaran untuk kegiatan khusus SEL dan menjelaskan keterampilan SEL kepada siswa, diajarkan melalui kegiatan rutin dengan mengambiol waktu di luar jam pelajaran (misalnya sebelum atau sesuadah pembelajaran biasa). Anda juga dapat mengintegrasikannya dalam pembelajaran yang menjadi muatan kurikulum. Tetapi pembelajaran sosial-emosional dapat dilaksanakan lebih dari sekedar pelajaran sehari-hari. Anda dapat memberikan kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan ini sebagai protokol di kelas atau area konten mana pun, pada momen-momen tertentu, dimana pembelajaran sosial emosional sangat pas untuk dilaksanakan, misalnya saat terjadi konflik di sekolah, saat peringatan hari keluarga, hari kesetiakawanan sosial, dsb.




Tidak peduli di kelas berapa Anda mengajar, kegiatan ini dapat disesuaikan untuk membantu mengajarkan keterampilan sosial dan emosional inti.

1. Kegiatan seni

Anak-anak menggunakan cat, gunting, dan perlengkapan kerajinan lainnya di kelas.


Keterampilan SEL: Kesadaran diri

Bahan: Perlengkapan seni, musik

Seni adalah cara yang tepat bagi siswa dari segala usia untuk menghilangkan stres dan mengekspresikan emosi mereka dengan cara yang positif dan sehat.

Mulailah dengan memilih karya seni, seperti musik (atau bahkan puisi atau cerita) agar siswa bereaksi. Minta mereka menggunakan perlengkapan seni untuk menanggapi. Mungkin perlu dapat membantu/ memancing respon siswa dengan memberikan petunjuk, misalnya berupa pertanyaan seperti:

  • Bagaimana perasaan kamu?
  • Apakah musik ini bahagia atau sedih?
  • Musik mengingatkan kamu warna apa yang cocok untuk menggambarkannya?


2. Memberi siswa pekerjaan

Keterampilan SEL: Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, manajemen diri

Bahan: Bagan pekerjaan, label nama, instruksi dan persediaan untuk setiap tugas

Ruang kelas Anda adalah tempat yang sibuk, dan ada banyak hal yang terjadi. Jaga agar tetap teratur dengan bagan yang mendorong siswa untuk mengambil tanggung jawab dan menyelesaikan tugas kelas yang sederhana dan sesuai usia seperti:

  • Menyiram tanaman
  • Merautkan Pensil
  • Menghapus papan tulis
  • Mengumpulkan lembar kerja
  • Melaporkan absensi ke kantor
  • Menjaga perpustakaan kelas tetap teratur
  • Menyalakan dan mematikan lampu di dalam kelas

Jika Anda mengajar dari jarak jauh, minta siswa untuk bertanggung jawab atas:
  • Melacak kehadiran
  • Memoderasi bagian obrolan
  • Memberikan laporan cuaca singkat
  • Memilih dari daftar icebreaking

Meminta siswa bertanggung jawab atas diri mereka sendiri dalam berbagai cara cukup mampu mengajarkan manajemen diri, serta mendorong siswa memiliki rasa bertanggung jawab.

Anda mungkin bisa membuat poster atau kartu daftar pekerjaan menjadi lebih menarik. Seperti gambar di bawah ini, atau mungkin jauh lebih baik.

Daftar pekerjaan kelas


3. Mindfulness

Keterampilan SEL: Kesadaran diri, manajemen diri

Bahan: Tidak ada! Hanya daftar aktivitas perhatian favorit Anda

Berikan instruksi berikut!

Baiklah, mari jeda.

Tarik napas, dan keluarkan.

Turunkan bahu Anda dan duduk tegak.

Bukankah itu terasa lebih baik?



Mindfulness dapat membantu siswa dari segala usia belajar bagaimana mengidentifikasi dan mengatur emosi mereka ketika mereka sedih, takut atau stres.

Luangkan waktu sejenak di kelas Anda dan cobalah beberapa aktivitas berikut:

Ajari siswa untuk melakukan aktivitas STOP ketika mereka menghadapi situasi emosional. Mainkan peran berkaitan dengan beberapa situasi stres dan ajarkan siswa untuk:

  • Stop, berhenti dari semua aktivitas yang sedang dilakukan
  • Take a breath to calm down, tarik napas dalam-dalam, rilekskan tubuh
  • Observe the situation, amati apa yang terjadi pada tubuh, suasana sekitar, seperti hembusan angin, suara alam dan sebagainya
  • Proceed with a solution, setelah hati tenang kembali, lanjutkan aktivitas

Mintalah siswa untuk mengidentifikasi moment di mana mereka menahan stres di tubuh mereka. Misalnya, bahu tegang, cemberut atau bahkan kaki yang melambung. Bimbing mereka untuk melepaskan stres dan mencapai tubuh yang lebih seimbang.

Perhatikan indra. Mintalah siswa untuk mengidentifikasi:

  • Lima hal yang bisa mereka lihat
  • Empat hal yang bisa mereka sentuh
  • Tiga hal yang bisa mereka dengar
  • Dua hal yang bisa mereka cium
  • Satu hal yang bisa mereka rasakan

Anda belum memiliki gambaran jelas, bagaimana mempraktekkan mindfullness? Simak video berikut!



4. Tetapkan Tujuan

Keterampilan SEL: Manajemen diri

Bahan: Jurnal atau checklist tujuan

Bagian besar dari pembelajaran emosional sosial adalah menumbuhkan mindset berkembang - Jadi.... cara apa yang lebih baik untuk melakukannya selain menetapkan tujuan?

Mengapa penting bagi guru, untuk melibatkan siswa dalam menetapkan tujuan?

Jawabannya dapat Anda temukan dalam video berikut!

Jadikan penetapan tujuan sebagai bagian rutin dari rutinitas kelas Anda, Mungkin Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Selenggarakan konferensi yang dipimpin siswa - Tetapkan tujuan akademik dan perilaku
  • Mulai unit baru - Gunakan bagan KWL (Know, Whan to Know, Learned) untuk membantu siswa mengidentifikasi keterampilan mana yang ingin mereka kembangkan.
  • Memberi umpan balik untuk sebuah proyek - Apa yang berhasil dilakukan siswa? Apa yang harus mereka fokuskan di lain waktu?

Dalam menetapkan tujuan, penting bagi kita untuk menerapkan prinsip SMART

Penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut ada dalam video berikut:


5. Check-in dengan siswa Anda

Keterampilan SEL: Manajemen diri, kesadaran sosial

Bahan: Tidak ada

Ketika siswa belajar, mereka membawa emosi mereka.Direkomendasikan untuk memulai hari Anda dengan check-in untuk memahami apa yang siswa rasakan.

Video di bawah ini mungkin memberi Anda lebih banyak ide.

Video di bawah ini, mungkin memberi Anda ide, bagaimana melakukannya di kelas daring


Mungkin video di bawah ini juga cukup membantu:


To be continued ....


Baca juga:

25 Inspirasi Aktivitas Pembelajaran Sosial Emosional-Part 2


Sumber: https://www.prodigygame.com/main-en/blog/social-emotional-learning-activities/

0 Comments: