Fungsi Rangka Manusia

Fungsi Rangka Manusia
Fungsi Rangka Manusia

Tulang-tulang dalam sistem angka manusia memiliki peranan yang sangat penting. aling tidak ada sembilan fungsi tulang, yaitu:
  1. Formasi bentuk tubuh
    Tulang-tulang kita memberi bentuk dan ukuran tubuh.
  2. Formasi sendi-sendi
    Tulang-tulang yang berdekatan membentuk persendian. Ada persendian yang dapat bergerak, sedikit bergerak, atau tidak bergerak. Hal tersebut tergantung kebutuhan dan fungsi tubuh.
  3. Tempat melekatnya otot-otot
    Tulang dan otot bersama-sama membentuk sistem gerak. Otot dapat bekerja dengan baik bila melekat dengan kuat pada tulang. Tulang menyediakan permukaan sebagai tempat untuk melekatnya otot-otot.
  4. Bekerja sebagai pengungkit
    Dalam berbagai aktivitas pergerakan, tulang sering kali berfungsi sebagai pengungkit.
  5. Sebagai penyokong dan penyebaran berat badan serta daya tahan untuk menghadapi tekanan dan pengaruh mekanis
    Tulang-tulang manusia diatur sedemikian rupa oleh Sang Pencipta agar dapat menyokong berat badan, membuat tubuh mampu menahan tekanan dan tarikan, serta memelihara sikap tubuh tertentu, misalnya sikap tegak, membungkuk, dsb.
  6. Melindungi organ-organ
    Organ dalam manusia seperti jantung, paru-paru, organ pencernaan, dan otak merupakan organ tubuh yang perlu dilindungi. Tulang-tulang membentuk rongga yang dapat melindungi organ-organ tersebut.
  7. Hemopoesis
    Sumsum tulang merupakan tempat pembentukan sel darah merah.
  8. Fungsi imunologis
    selain sel darah merah, sel-sel imunitas juga dibentuk di dalam sumsum tulang. Salah satu contoh sistem imunitas yang dibentuk dalam sumsum tulang adalah  limfosit B yang kemudian membentuk antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.
  9. Penyimpanan kalsium
    Tulang mengandung 97% kalsium yang terdapat di dalam tubuh. Kalsium dalam tulang akan dilepaskan ke dalam darah apabila dibutuhkan.

0 Comments: