Keistimewaan Tubuh Manusia

Keistimewaan Tubuh Manusia
Keistimewaan Tubuh Manusia
Dalam ilmu Biologi, manusia dikelompokkan dalam subvilum vertebrata (bertulang belakang) dan kelas mamalia, namun dibandingkan vertebrata maupun mamalia yang lain, sistem tubuh manusia sangat istimewa, sehingga manusia menduduki klasifikasi tersendiri. Beberapa sifat khusus manusia terkait bentuk tubuhnya yaitu:
  1. Tulang punggung manusia melengkung ke dua arah
    Struktur tulang punggung, tulang paha, dan tulang belakang manusia memungkinkan bagi manusia untuk dapat berdiri tegak dan berpindah tempat dengan dua kaki. Keistimewaan tersebut tidak dimiliki binatang.
  2. Manusia memiliki tangan
    Tangan merupakan bagian tubuh istimewa yang dimiliki manusia dibandingkan vertebrata mana pun. Tangan manusia didesain untuk menangani apa pun. Meskipun kera juga memiliki tangan, namun tangan manusia lebih kuat dan lebih baik. ibu jari dan jari-jari lainnya bisa bekerja sama dengan lebih baik dalam memegang benda dibandingkan jari-jari pada kera. Selain itu, pergelangan tangan manusia lebih dapat bergerak bebas dari pada milik bangsa kera. Tanpa tangan manusia mungkin tidak dapat membuat berbagai peralatan yang kita kenal sekarang. 
  3. Manusia diciptakan dengan otak yang berkembang sangat baik
    Otak merupakan organ tubuh manusia yang menjadikan manusia layak disebut makhluk yang tertinggi. Dengan pengetahuannya manusia dapat menciptakan bahasa untuk berkomunikasi. Dengan itu pula manusia menciptakan alat-alat yang memudahkannya dalam memenuhi kebutuhan dan berbagai aktivitas lainnya. Satu hal yang sangat luar biasa dari manusia adalah pengetahuan dan akal manusia yang semakin berkembang dari generasi ke generasi, sehingga peradaban manusia juga semakin maju.
Ketiga hal tersebut di atas membuktikan kebenaran firman Allah dalam Al- Qur’an di Surah At-Tin ayat 4 “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”.  Dengan keistimewaan tersebut, sepatutnya manusia banyak bersyukur dan memanfaatkan karunia Tuhan tersebut untuk memberi manfaat bagi diri sendiri, , maupun lingkungan sekitar.

0 Comments: