Percobaan Membuat Simulasi Alat Pengukur Curah Hujan

Sebelumnya, pada artikel berjudul "Memahami Tahapan Siklus Air" kita sudah membahas tentang proses terjadinya hujan. Perlu kalian ketahui, bahwa hujan yang turun di suatu tempat dengan tempat lainnya tidak sama. Jumlah air hujan yang turun pada daerah tertentu dalam waktu tertentu disebut curah hujan. Curah Hujan atau presipitasi juga dapat diartikan sebagai jumlah air hujan yang terkumpul di tempat datar yang tidak mengalir, tidak menguap, dan tidak meresap setelah hujan turun.
Untuk mengukur curah hujan di suatu tempat, digunakan alat yang dinamakan penakar hujan  atau rain gauge. Penakar hujan terdiri dari corong dan tabung penampung. Satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya curah hujan di suatu tempat adalah skala milimeter (mm) atau sentimeter (cm).
Kita juga dapat membuat alat sederhana yang cara kerjanya menyerupai penakar hujan. Cukup menggunakan peralatan sederhana yang tersedia di rumah. Kita dapat lebih memahami bagaimana alat penakar hujan bekerja. Yuk kita coba!

Alat dan Bahan:
  • mangkuk besar
  • cangkir
  • plastik transparan
  • tali/karet untuk mengikat
  • air
Curah Hujan
Percobaan Curah Hujan

Langkah-Langkah:
  • Ambil mangkuk kaca besar dan isi ¼ mangkuk dengan air. 
  • Tempatkan cangkir kosong di tengah mangkuk, berhati-hatilah untuk tidak memercikkan air, dan pastikan tingkat air kurang dari ketinggian cangkir.
  • Sekarang, tutup mangkuk dengan plastik menempel, dan amankan plastik penutup dengan menggunakan karet gelang, tali, atau selotip. 
  • Simpan mangkuk itu di bawah matahari. Segera air dalam mangkuk akan mulai menguap dan terkondensasi pada permukaan plastik melekat.
  • Dengan hati-hati pindahkan mangkuk ke tempat teduh tanpa memercikkan air, dan saksikan tetesan kental jatuh. Setelah beberapa jam lepaskan plastik, dan lihat ke dalam cangkir untuk melihat air yang terkumpul!
Referensi:
  • https://www.ilmudasar.com/2017/07/Pengertian-Pengukuran-dan-Proses-Terjadinya-Curah-Hujan-adalah.html
  • https://sciencestruck.com/water-cycle-for-kids

0 Comments: