Gangguan Organ Pencernaan: Konstipasi

Apakah kalian pernah sakit perut? Apa saja yang kalian rasakan saat sakit perut? Apakah perutmu terasa penuh meskipun kamu hanya makan sedikit? Apakah perut kalian terasa perih, atau mungkin merasa sangat tidak nyaman setelah makan?
Sakit perut bisa jadi merupakan tanda atau gejala bahwa kita mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Kalian tahu kan, organ pencernaan kita ada di rongga perut. Gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi baketri, pola makan yang salah, atau penyebab lainnya.  Gangguan pencernaan bahkan bisa juga disebabkan penyakit lain yang diderita seseorang. 
Salah satu gangguan pencernaan yang banyak dialami adalah konstipasi. Berikut ini adalah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang konstipasi:

  1. Pengertian:
    Konstipasi atau sembelit sebenarnya adalah gejala, bukan penyakit. Konstipasi adalah keadaan seseorang mengalami susah buang air besar. Tinja menjadi kering dan keras sehingga sulit untuk dikeluarkan.

    Penyebab:
    Konstipasi dapat disebabkan karena kebiasaan menahan buang air besar atau makanan yang dikonsumsi kurang serat, depresi/ stres, atau karena penyakit lain. Konstipasi juga dapat disebabkan karena gangguan otot, hormon, atau syaraf
    Kadang saat anak-anak keasyikan bermain, mereka suka menahan saat merasa ingin buang air besar. Karena tidak segera dikeluarkan, tinja yang tersimpan di usus besar menjadi keras dan kering. Karena itulah mereka mengalami konstipasi. Hal yang sama juga sering terjadi pada orrang dewasa yang sibuk bekerja.

    Gejala:
    Seseorang dikatakan mengalami konstipasi jika dalam seminggu ia buang air besar kurang dari 3 kali.

    Cara Mengobati:
    Cara mengobati konstipasi atau sembelit, tergantung penyebab dan tingkat keparahan gejala yang diderita. Untuk mengobati gangguan pencernaan tersebut, dapat dilakukan dengan merubah pola makan dan gaya hidup, pemberian obat, atau operasi.


Referensi:
https://www.alodokter.com


0 Comments: