Bentuk Sendi pada Tubuh Manusia

Joint
Sendi Tubuh Manusia

Rangka tubuh manusia dewasa terdiri atas 206 tulang. Tulang yang satu dengan lainnya dihubungkan oleh sendi. Sendi di tubuh kita ada yang dapat digerakkan dengan bebas(disebut sedi gerak). Ada pula yang dapat digerakkan, namun gerakannya sangat terbatas(disebut sendi kaku), tetapi ada juga sendi yang tidak dapat digerakkan(disebut sendi mati). 
Berdasarkan arah gerakannya, sendi dibedakan menjadi sendi engsel, sendi peluru, sendi pelana, sendi geser, dan sendi putar. 

  • Sendi Engsel
    Sendi engsel adalah sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah. Jadi, gerakan yang dapat dilakukan sendi engsel seperti gerakan engsel pintu. Coba kalian gerakkan siku kalian! Dapatkah kalian menggerakkan siku kalian selain meluruskan dan menekuk siku hingga telapak tangan menyentuh pundak?
    Tidak bukan? Itu karena sendi yang menghubungkan lengan atas dan lengan bawah kalian merupakan sendi engsel.
    Coba kalian amati tubuh kalian sendiri! Di bagian mana sajakan terdapat sendi engsel, selain di siku?
    Selain pada siku, sendi engsel juga terdapat pada lutut dan ruas-ruas jari tangan dan jari kaki.
    Sendi Engsel
    Sendi Engsel

  • Sendi Peluru
    Sendi peluru pada panggul

    Berbeda dengan sendi engsel, sendi peluru dapat bergerak ke semua arah. Bagian tubuh kita dimana terdapat sendi peluru adalah ruas tulang leher yang paling atas, sendi pada bahu yang menghubungkan tulang lengan atas dan tulang bahu, dan sendi pada panggul yang menghubungkan tulang paha dengan tulang gelang panggul.
  • Sendi Pelana


    Sendi pelana adalah sendi yang dapat bergerak ke dua arah, yaitu ke arah sampng dan ke arah depan. Salah satu contoh sendi pelana adalah sendi yang menghubungkan tulang telapak tangan dengan tulang pada pangkal ibu jari.

  • Sendi Geser

    Sendi geser merupakan sendi yang ketika bergerak, ujung tulang yang satu, menggerakkan ujung tulang yang lain. Gerakan yang dapat dilakukan dua tulang yang dihubungkan sendi geser sangat terbatas. Contoh sendi geser adalah sendi yang menghubungkan tulang hasta dan tulang pengumpil, juga sendi pada ruas-ruas tulang belakang. Sendi geser pada bagian tersebut memungkinkan kita untuk sedikit memutar lengan bawah.
  • Sendi Putar.


    Sendi putar adalah sendi yang ketika bergerak, tulang yang satu berputar mengelilingi tulang yang lain. Gerakan yang dapat dilakukan sendi putar sangat leluasa. Sendi seperti ini terdapat diantara tulang leher yang paling atas (tulang atlas, dan tulang tengkorak. Pada bagian tersebut, ujung tulang atlas masuk ke dalam lubang yang terdapat pada tulang tengkorak. Berkat sendi putar yag menghubungkan kedua tulang tersebut, kita dapat memutar kepala ke segala arah. Coba saja, kalian sekarang, untuk membuktikannya.

0 Comments: