Dataran Tinggi dan Pemanfaatannya

Dataran Tinggi
Dataran Tinggi


Dataran tinggi atau yang biasa disebut dengan Plateau atau Plato merupakan dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 meter dari permukaan air laut. Ada pula yang menyatakan bahwa dataran tinggi merupakan lahan yang berbentuk atar yang naik tajam di atas wilayah yang disekitarnya  (Redaksi Ilmugeografi, 2016).

Pemanfaatan Daerah Dataran Tinggi
Daerah dataran tinggi berhawa dingin. Selain berhawa dingin, ciri daerah dataran tinggi yang lain, adalah banyak terdapat mata air alami. Karena hawanya yang dingin, dataran tinggi cocok dimanfaatkan sebagai lahan pertanian untuk tumbuhan seperti asparagus, kentang, kubis, wortel, strawberi dan apel.
Selain dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, pemandangan di dataran tinggi biasanya indah, jadi cocok juga dimanfaatkan sebagai objek wisata atau tempat peristirahatan. Selain itu, di daerah dataran tinggi juga dapat dimanfaatkan untuk daerah peternakan, misalnya ternak sapi atau domba.

Aktivitas Daerah Dataran Tinggi
Daerah dataran tinggi yang sejuk cocok dijadikan daerah pertanian atau wisata, jadi pekerjaan penduduk dataran tinggi antara lain bertani dengan tanaman sayuran, perkebunan kopi, teh, atau sayuran. Selain itu, jika dataran tinggi dijadikan objek pariwisata, akan banyak penduduknya yang bekerja di bidang pariwisata, misalnya pemandu wisata, pengrajin souvenir, penyedia jasa penginapan, pemilik warung/restoran, dll.

0 Comments: